Perawat New York Penerima Pertama Suntikan Vaksin Covid-19 Pfizer di AS

Kompas.com - 15/12/2020, 05:58 WIB
Ilustrasi vaksin, vaksin virus corona, vaksin Covid-19 Shutterstock/ChinnapongIlustrasi vaksin, vaksin virus corona, vaksin Covid-19

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seorang perawat di New York menjadi orang pertama di Amerika Serikat yang menerima vaksin virus corona pada Senin (14/12/2020).

Sandra Lindsay, perawat bagian perawatan kritis di Long Island Jewish Medical Center, menerima suntikan yang disiarkan secara live di televisi pada pukul 9:30 (1430 GMT).

"Vaksin Pertama Diberikan. Selamat Amerika Serikat! Selamat DUNIA!" tweet Presiden Donald Trump yang dikutip Kompas.com dari AFP pada Senin (14/12/2020). 

Baca juga: Negara-negara Kaya Timbun Vaksin Covid-19, Bagaimana Nasib Negara Miskin?

Seperti yang telah diberitakan Kompas.com sebelumnya, warga Amerika Serikat (AS) mulai Senin (14/12/2020) akan disuntik vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech.

Hal tersebut disampaikan petugas terkait yang mengurusi distribusi vakin virus corona Pfizer pada Sabtu (12/12/2020).

Jenderal Gus Perna menerangkan di hadapan wartawan, dosis pertama vaksin Covid-19 Pfizer akan dikirim hari ini (13/12/2020) dan Senin pagi besok.

Baca juga: Presiden Brasil Dorong Ketidakpercayaan Rakyatnya terhadap Vaksin Covid-19

"Secara operasional kami yakin 100 persen kami akan memberikan vaksin kepada rakyat Amerika," ucapnya dikutip Kompas.com dari AFP.

"Diharapkan 145 situs di semua negara bagian mendapat vaksin pada Senin, 425 situs lainnya pada Selasa, dan 66 situs terakhir pada Rabu, yang akan menyelesaikan pengiriman awal vaksin Pfizer-BioNTech," lanjut Perna.

Baca juga: Muncul Rumor Trump Paksa Kepala BPOM-nya AS Setujui Vaksin Pfizer

Gelombang pertama penyuntikan ini akan memvaksinasi sekitar 3 juta orang di "Negeri Paman Sam".

Vaksin corona ini diberangkatkan dari pabrik Pfizer di Kalamazoo, Michigan, pada Minggu (13/12/2020) dengan disimpan dalam kotak berisi es kering yang bisa menjaga suhu -70 derajat Celcius.

Baca juga: Vaksin Corona Pfizer Besok Disuntik di AS, Begini Proses Distribusinya...

Jenderal Gus Perna yang mengawasi operasi logistik besar-besaran ini sebagai bagian dari Operation Warp Speed, menyamakan momen tersebut dengan D-Day atau titik balik Perang Dunia II.

"Saya benar-benar 100 persen yakin kami bisa mendistribusikan dengan aman, komoditas berharga ini, vaksin ini, yang dibutuhkan untuk mengalahkan musuh Covid," dikutip Kompas.com dari AFP.

Baca juga: Mulai Besok Warga Amerika Akan Disuntik Vaksin Covid-19 Pfizer


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X