Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Tinggi 221 cm, Remaja Laki-laki Asal China Ini Pecahkan Rekor Dunia

Kompas.com - 14/12/2020, 19:31 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

LESHAN, KOMPAS.com - Seorang remaja bernama Ren Keyu dinobatkan sebagai remaja laki-laki tertinggi di dunia dari Guinness World Records.

Melansir situs web resmi Guinness, Keyu yang pada 18 Oktober kemarin berulang tahun ke-14, dinobatkan menjadi remaja laki-laki tertinggi di dunia dengan ukuran tubuh setinggi 221.03 sentimeter (cm).

Keyu yang lahir pada tahun 2006 berasal dari Leshan, Provinsi Sichuan, murid tingkat 9 dan punya nama kecil Xiaoyu.

Baca juga: Ini Biskuit Bersalut Cokelat Terlaris 2019, Masuk Rekor Dunia

Sewaktu duduk di bangku Taman Kanak-Kanak, Xiaoyu sudah memiliki tinggi tubuh 150 cm dan sering dikira sebagai anak Sekolah Dasar.

Karena ukuran tingginya yang luar biasa, keluarganya membawa Xiaoyu ke rumah sakit beberapa kali untuk pemeriksaan.

Pada awalnya, dokter menduga Xiaoyu mengalami gigantisme, suatu gangguan pertumbuhan yang menyebabkan anak-anak tumbuh terlampau tinggi dan besar sehingga tampak seperti raksasa.

Baca juga: Bocah Berusia 6 Tahun Pecahkan Rekor Dunia Sebagai Programmer Termuda

Namun, setelah melakukan beberapa kali pemeriksaan, ternyata tubuh Xiaoyu tidak mengalami penyakit apa pun. Hormon tubuhnya dan kondisi lainnya juga dinyatakan normal.

Xiaoyu sendiri yakin tinggi badannya mungkin turun-temurun seperti yang terjadi di keluarganya. Nenek Xiaoyu memiliki tinggi badan 175 cm, ibu dan kakeknya 190 cm dan ayah Xiaoyu tingginya lebih dari 180 cm.

Setelah melalui peninjauan dan konfirmasi dari Guinness World Records, Xiaoyu resmi menjadi pemegang rekor terbaru untuk remaja (laki-laki) tertinggi di dunia.

Baca juga: Wanita Arab Pertama Pecahkan Rekor Dunia, Buat Lukisan Terbesar dari Bubuk Kopi

Supaya tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan juga penglihatan Xiaoyu, meja, kursi di rumah dan sekolah Xiaoyu pun dibuat khusus.

Tak hanya itu, tempat tidur, pakaian dan sepatu juga dibuat secara khusus.

Karena ukuran tinggi tubuhnya yang fantastis itu, Xiaoyu sering membersihkan jendela kelas yang tinggi atau menghapus papan tulis.

Namun, ada juga kesan tidak enak yang didapatkan Xiaoyu dengan ukuran tubuhnya. Kepalanya sering terbentur saat naik angkutan umum, dan penumpang lain sering menatapnya dengan aneh.

Baca juga: Punya Kaki Sepanjang 134 Cm, Remaja Ini Pecahkan 2 Rekor Dunia

Menurut Xiaoyu, banyak orang berpikir bahwa postur tubuh tinggi selalu berhubungan dengan kedunguan.

Xiaoyu melawan persepsi itu dengan pencapaian akademisnya yang gemilang dan sering kali menjadi yang teratas di kelasnya.

Karena tinggi dan berat badannya, Xiaoyu tidak cocok untuk bermain basket dan olahraga berat lainnya, tetapi dia suka membaca buku dan bermain game.

Ketika dia besar nanti, dia ingin menjadi pemain e-sports!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com