Korea Selatan Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19, Moon Jae-in Umumkan Keadaan Darurat

Kompas.com - 14/12/2020, 18:46 WIB
Menteri Kesehatan Korea Selatan mengatakan Seoul saat ini sudah menjadi zona perang Covid-19. AP Photo via ABC IndonesiaMenteri Kesehatan Korea Selatan mengatakan Seoul saat ini sudah menjadi zona perang Covid-19.

KOMPAS.com - Korea Selatan melaporkan telah mengalami akhir pekan terburuk untuk penularan Covid-19 sejak pandemi dimulai.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah menyebut gelombang ketiga penularan Covid-19 sebagai keadaan darurat.

Menteri Kesehatan Korea Selatan juga menggambarkan ibu kota Seoul sebagai zona perang Covid-19 pekan ini.

Pada Minggu (13/12/2020), Korea Selatan melaporkan 1.030 penularan virus corona, memecahkan rekor sehari sebelumnya, yakni 950 kasus penularan.

Sehingga, total penularan kasus terkonfirmasi Covid-19 saat ini telah mencapai 42.766 kasus dengan 580 kematian.

Baca juga: 26 Jenderal di Nigeria Terinfeksi Covid-19, 1 Tewas

Angka penularan tertinggi dalam sehari pernah dicapai Korea Selatan pada akhir Februari lalu yang mencapai 909 kasus.

Moon memperingatkan bahwa jika aturan pembatasan aktivitas warga akan dinaikkan ke level tertinggi setelah rekor peningkatan penularan.

Dari kasus baru tersebut, 1.002 kasus ditularkan secara lokal, menurut Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan.

"Ini adalah momen penting untuk mengerahkan semua kemampuan demi mengendalikan virus dan kekuatan administratif kami untuk menghentikan penyebaran virus corona," ujar Moon.

Baca juga: Wabah Covid-19 di Pabrik Sarung Tangan Malaysia Tewaskan 1 Orang

Aturan diperketat untuk tanggapi peningkatan penularan

Sekolah di Korea Selatan akan dialihkan kembali ke pembelajaran jarak jauh, perusahaan hanya mengizinkan beberapa pekerja yang harus masuk ke kantor.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X