Italia Kembali Catatkan Jumlah Kematian Tertinggi di Eropa

Kompas.com - 14/12/2020, 14:51 WIB
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19 DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi penanganan pasien Covid-19

ROMA, KOMPAS.com - Italia kembali mencatat angka kematian Covid-19 tertinggi di Eropa. Jumlah kematian akibat virus corona sudah melebihi Inggris setelah kondisi makin memburuk.

Melansir Newsweek, Italia mencatat 19.903 kasus baru dan 649 kematian baru pada Sabtu (12/12/2020). Kematian akibat Covid-19 di negara itu secara keseluruhan menjadi 64.036, menurut Worldometer.

Jumlah tersebut sedikit lebih banyak dari total kematian di Inggris, yang mencapai 64.026 pada hari yang sama.

Kondisi itu merupakan kemunduran bagi Italia yang merupakan negara Barat pertama yang bergulat dengan pandemi. Setelah menderita sejumlah besar kasus dan kematian pada musim semi.

Ada 761 kematian akibat virus pada Jumat (11/12/20), sehingga total sebelumnya menjadi 63.387. Kematian Inggris mencapai 63.603 pada Jumat, menurut Associated Press.

Baca juga: Italia Tawarkan Vaksinasi Covid-19 Gratis Dimulai dari Dokter dan Penghuni Panti Jompo

Inggris menjadi negara dengan kasus kematian Covid-19 terbanyak di Eropa dalam beberapa pekan terakhir, tetapi Italia telah mencatat 28.000 kematian baru sejak 1 September.

Populasi Italia mencapai 60 juta, lebih sedikit 6 juta jiwa dari Inggris. Tetapi Italia memiliki populasi yang lebih tua dan mereka yang berusia di atas 65 tahun, lebih rentan terhadap virus.

Hanya Jepang yang memiliki populasi lebih tua dari Italia. Kondisi ini menjelaskan sejumlah besar kematian akibat Covid-19 di negara itu.

Meski demikian, Italia mendapat kritik atas penanganan pandemi, terutama mengingat negara ini memiliki lebih banyak waktu untuk menilai dampak penyakit dan menanggapinya.

Baca juga: Eks PM Italia Silvio Berlusconi Membaik Usai Positif Virus Corona

Usia rata-rata korban Covid-19 di Italia adalah sekitar 80 tahun. Sementara 65 persen dari mereka yang meninggal memiliki setidaknya tiga masalah kesehatan sebelum tertular virus.

Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.