Jelang Natal, Jerman Mulai Lockdown Parsial hingga 10 Januari Mendatang

Kompas.com - 13/12/2020, 18:45 WIB
Kanselir Jerman Angela Merkel. AFP / ODD ANDERSENKanselir Jerman Angela Merkel.

BERLIN, KOMPAS.com - Kanselir Jerman Angela Merkel memimpin diskusi soal krisis virus corona di negaranya pada Minggu (13/12/2020) dengan para pemimpin dari 16 negara bagian di Jerman.

Hasil diskusi itu di antaranya kesepakatan untuk kembali menutup Jerman, termasuk beberapa toko jelang natal dikarenakan kasus infeksi Covid-19 terus meningkat.

Penutupan toko-toko akan dimulai pada Rabu depan sampai setidaknya 10 Januari menurut catatan kantor Kanselir yang dikutip oleh AFP.

Sekolah-sekolah juga akan ditutup, mengirim kembali para murid untuk belajar dari rumah sementara perusahaan-perusahaan juga mengirim kembali para pekerja mereka untuk bekerja dari rumah (WFH).

Beberapa toko yang ditutup adalah mereka yang menjual barang non-esensial seperti salon rambut.

Baca juga: Sambil Memohon, Kanselir Jerman Angela Merkel Instruksikan Pembatasan Corona Ketat

Perdana Menteri negara bagian Bavaria, Markus Soeder yang sangat mendorong penutupan itu menyuarakan dukungannya.

"Angkanya [infeksi] lebih buruk dari sebelumnya, kita tidak semestinya membiarkan diri kita terhambat oleh tindakan individu," ujarnya kepada Surat Kabar Welt am Sonntag.

Bersama Merkel, Soeder telah berupaya melakukan pembatasan yang lebih ketat. Mereka memperingatkan bahwa penutupan kali ini yang menimpa bioskop, pusat kebugaran dan tempat makan tidak begitu luas jangkauannya.

Setiap negara bagian tetap punya wewenang dalam melakukan pembatasan. Negara bagian dengan kasus infeksi rendah menolak memberlakukan pembatasan yang tegas.

Semua itu dilakukan pemerintah Jerman karena tren kasus kematian akibat Covid-19 terbaru mengkhawatirkan. 

Baca juga: Seperti Apa Perayaan Hanukkah di Jerman di Tengah Pandemi Corona?

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X