Kompas.com - 13/12/2020, 17:40 WIB
Ilustrasi awal keberadaan bintang di jagat raya Wise, Abel, Kaehler (KIPAC/SLACIlustrasi awal keberadaan bintang di jagat raya

KOMPAS.com - Seperti apa peristiwa-peristiwa teraneh yang pernah terjadi di langit? Mulai dari bintang besar yang bersinar jutaan kali lebih terang dari matahari yang dikabarkan menghilang sampai rekaman video tentang UFO yang dirilis Pentagon, Amerika Serikat (AS).

Tiga fenomena itu menjadi peristiwa aneh di langit yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan. Seperti apa peristiwa-peristiwa tersebut? 

1. Sebuah bintang besar yang hilang

Ilustrasi bintang neutron paling misterius dan langka yang memancarkan gelombang radio aneh. Ilustrasi bintang neutron paling misterius dan langka yang memancarkan gelombang radio aneh.

Pernah dengar soal bintang besar yang hilang? Selama hampir 2 dekade, para astronom mempelajari sebuah bintang di galaksi yang berjarak 75 juta tahun cahaya.

Melansir The Atlantic, tahun lalu, bintang yang sangat panas dan bersinar biru kristal dan cahayanya lebih terang beberapa juta kali dari Matahari dilaporkan hilang tahun lalu.

Seorang mahasiswa doktoral bidang Astrofisika di Trinity College Dublin telah memeriksa berulang kali keberadaan bintang tersebut.

Para astronom lain juga mencari ciri khas dari cahaya bintang itu namun tetap saja, jejak itu lenyap.

Awalnya Allan dan astronom lain berpikir ini adalah kesalahan cuaca yang tidak bagus di Bumi pada hari di mana teleskop di pegunungan Chili Utara memeriksa keberadaan bintang itu.

Jadi, Allan dan rekan-rekannya melakukan observasi lain menggunakan observatorium yang berbeda beberapa bulan kemudian namun hasilnya tetap nihil.

Luar angkasa memang bisa menjadi tempat misterius dan mengejutkan, tetapi bintang seperti ini seharusnya tidak raib tanpa jejak.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.