Pilkada 2020 di Mata Media Asing, Dinasti Politik Jokowi Jadi Sorotan

Kompas.com - 09/12/2020, 21:42 WIB
Calon Wali Kota Solo nomer urut satu Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan istri Selvi Ananda (kanan) menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak 2020 di TPS 22, Manahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (9/12/2020). Pemilihan Wali Kota Solo pada Pilkada serentak 2020, PDI Perjuangan mengusung Gibran Rakabuming Raka berpasangan dengan Teguh Prakosa yang bersaing dengan pasangan Bagyo Wahyono dan FX. Suparjo (Bajo) yang maju melalui jalur non partai (independen). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/wsj. ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHACalon Wali Kota Solo nomer urut satu Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan istri Selvi Ananda (kanan) menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak 2020 di TPS 22, Manahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (9/12/2020). Pemilihan Wali Kota Solo pada Pilkada serentak 2020, PDI Perjuangan mengusung Gibran Rakabuming Raka berpasangan dengan Teguh Prakosa yang bersaing dengan pasangan Bagyo Wahyono dan FX. Suparjo (Bajo) yang maju melalui jalur non partai (independen). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/wsj.

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pilkada 2020 cukup menarik perhatian dengan beberapa kandidat muncul dari keluarga orang nomor satu Indonesia, Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi.

Indonesia pada Rabu (9/12/2020) melangsungkan pemilihan kepala daerah (pilkada) dengan lebih dari 100 juta orang berhak memilih pemimpin politik di 270 wilayah.

Pilkada ini untuk menentukan gubernur di 9 dari 34 provinsi, bupati di 224 dari 416 kabupaten, dan wali kota di 37 dari 98 kota.

Putra pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, mencalonkan diri sebagai wali kota di Solo.

Gibran tampaknya mengikuti jejak sang ayah yang mengawali karier pemerintahan sebagai wali kota Solo pada 2005, sebelum menjabat 2 periode sebagai presiden Indonesia.

Sedangkan menantu laki-laki Jokowi, Bobby Nasution, mencalonkan diri sebagai wali kota di Medan.

Penghitungan cepat yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei lokal menunjukkan Gibran memperoleh hampir 90 persen suara dalam pemilihan pada Rabu.

Baca juga: Novel Karya Penulis Indonesia Diadaptasi Jadi Film oleh Netflix

Meskipun tidak semua suara telah dihitung, keunggulannya cukup lebar untuk menjamin kemenangannya, seperti yang dilansir Nikkei Asia pada Rabu.

Hasil resmi akan dirilis pada 15 Desember. Jika dikonfirmasi menang, Gibran akan menjadi wali kota Solo pada Februari mendatang.

Beberapa media asing menyoroti pilkada di Indonesia tahun ini sebagai politik dinasti baru yang akan lahir.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X