Langka, Orangutan Sumatera Berhasil Lahir di Kebun Binatang Belgia

Kompas.com - 09/12/2020, 14:45 WIB
Bayi orangutan jantan yang lahir di Belgia pada 28 November itu bernama Mathai. Pairi DaizaBayi orangutan jantan yang lahir di Belgia pada 28 November itu bernama Mathai.

 BRUSSELS, KOMPAS.com - Bayi orangutan sumatera yang terancam punah dilaporkan dilahirkan secara alami di kebun binatang Pairi Daiza di Belgia.

Melansir CNN pada pada Selasa (09/12/20), diketahui bayi orangutan jantan yang lahir pada 28 November itu bernama Mathaï.

Ia dikandung dan lahir secara alami dari induk betina bernama Sari dengan ayahnya bernama Ujian. Pasangan primata itu sebelumnya juga sudah memiliki anak laki-laki Berani.

"Berani tadinya adalah satu-satunya orangutan yang lahir di taman tersebut. Ia empat tahun lebih tua dari saudara kandungnya yang baru lahir. Berani menunjukkan minat yang besar dan positif pada bayi Mathaï," kata juru bicara kebun binatang Pairi Daiza, Mathieu Goedefroy kepada CNN.

Baca juga: Telantar Saat Pisah dengan Induknya, Bayi Orangutan Dievakuasi Warga

Kakak beradik itu diharapkan dapat hidup hingga 45 tahun.

“Mathaï akan tinggal bersama keluarganya sampai sekitar usia 10 tahun, saat dia mencapai usia dewasa dan harus mencari pasangan betina,” terang Goedefroy.

Nantinya, para ahli dari Program Spesies Terancam Punah Eropa akan mempelajari DNA Mathaï dan orangutan betina yang ada dari seluruh dunia untuk menemukan pasangan terbaik.

Cara itu dilakukan untuk dapat memastikan keturunan yang sehat dengan kualitas genetik terbaik bisa dihasilkan. Harapannya dengan begitu peluang kelangsungan hidup spesies bisa maksimal.

Dua orangutan dewasa lainnya di taman tersebut, bernama Gempa dan Sinta, sedang menunggu kelahiran anak pertama mereka pada tahun 2021.

Goedefroy menyatakan program orangutan di taman tersebut berjalan sangat baik.

Halaman:

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X