Kompas.com - 09/12/2020, 11:25 WIB
Inggris berencana menurunkan tarif barang AS atas sengketa subsidi pesawat Uni Eropa ANDY BUCHANANInggris berencana menurunkan tarif barang AS atas sengketa subsidi pesawat Uni Eropa

LONDON, KOMPAS.com - Inggris akan menangguhkan tarif balasan yang dikenakan pada barang-barang Amerika Serikat (AS) mulai 1 Januari 2021, melansir Reuters pada Rabu (09/12/20)

Departemen perdagangan Inggris mengatakan, kebijakan itu dilakukan untuk mengurangi konflik perdagangan internasional yang merusak.

Yaitu, terkait perselisihan berkepanjangan atas subsidi pesawat Uni Eropa (UE) kepada produsen pesawat Boeing Co dan Airbus SE.

Keputusan tersebut menandai dimulainya perbedaan kebijakan perdagangan antara Inggris dengan Uni Eropa. Aturan ini mulai berlaku saat Inggris resmi keluar dari aturan dan regulasi blok tersebut.

Dengan ini, Inggris juga menunjukan ambisinya untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan Amerika Serikat.

Pertarungan tarif multi-miliar dollar antara Amerika Serikat dan Uni Eropa terkait dengan perselisihan berkepanjangan atas subsidi negara untuk produsen pesawat Airbus dan Boeing.

“Pada akhirnya, kami ingin meredakan konflik dan mencapai penyelesaian melalui negosiasi sehingga kami dapat memperdalam hubungan perdagangan kami dengan AS,” kata Menteri Perdagangan Inggris Liz Truss dalam sebuah pernyataan.

Baik AS maupun UE belum memberikan komentar terkait hal ini.

Baca juga: Uni Eropa Izinkan Boeing 737 Max Terbang Januari 2021

Inggris akan secara resmi meninggalkan UE pada bulan Januari, sesuai ketentuan pengaturan keluar transisi 11 bulan. Sebelumnya, Inggris bergabung dengan UE dalam menerapkan tarif pada 4 miliar AS (Rp 56 triliun) barang AS pada bulan November.

Langkah-langkah tersebut disahkan oleh Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menyusul keputusan WTO 2019 untuk menyetujui tarif AS atas 7,5 miliar dollar AS (Rp 105 triliun) barang UE.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X