Sinovac Dapat Suntikan Dana Rp 7,25 Triliun untuk Gandakan Produksi Vaksin Covid-19

Kompas.com - 07/12/2020, 18:28 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 SHUTTERSTOCK/solarsevenIlustrasi vaksin Covid-19

BEIJING, KOMPAS.com - Sinovac Biotech China mendapatkan dana 515 juta dollar AS, setara Rp 7,25 triliun dari perusahaan lokal untuk menggandakan kapasitas produksi vaksin Covid-19, dilansir Reuters pada Senin (07/12/20).

Sino Biopharm Pharmaceutical Limited mengkonfirmasi investasinya di sebuah unit bisnis Sinovac Life Sciences, anak perusahaan Sinovac.

“Investasi ini akan memberi Sino Biopharm Pharmaceuticals 15,03 persen saham di Sinovac Life Sciences,” kata Sino Biopharmacies dalam dokumen ke Bursa Efek Hong Kong.

Kesepakatan investasi ini datang ketika Sinovac memperluas kesepakatan pasokan dan uji coba eksperimental vaksin Covid-19, dengan lebih banyak negara setelah uji klinis tahap awal hingga menengah menunjukkan hasil positif.

Perusahaan itu mengatakan masih menunggu data kemanjuran dari suntikan vaksin eksperimentalnya bulan ini.

Baca juga: Distribusi Vaksin Covid-19 Masih Tunggu Fatwa Halal dari MUI

Dalam pernyataan terpisah, Sinovac memaparkan bahwa mereka akan dapat memproduksi 300 juta dosis vaksin setiap tahun.

Namun produksi dapat meningkat menjadi 600 juta dosis setelah pembangunan fasilitas produksi kedua selesai sesuai target pada akhir tahun 2020.

“Bergantung pada kondisi pasar dan ketersediaan pembiayaan, kapasitas produksinya mungkin akan terus diperbesar,” menurut pernyataan dari Sinovac.

Sinovac telah mendapat kesepakatan pasokan vaksin dengan beberapa negara. Antara lain Indonesia, Turki, Brasil dan Chile. Sementara kemungkinan penjualan dengan Filipina masih pembicaraan.

Vaksin ini merupakan salah satu dari tiga vaksin Covid-19 eksperimental yang telah digunakan China untuk menginokulasi sekitar 1 juta orang dalam program penggunaan darurat.

Baca juga: Erick Thohir: Vaksin Covid-19 yang Tiba merupakan Kerjasama antar-Lembaga Pemerintah

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X