George Weah Ingin Pangkas Masa Jabatan Presiden Liberia, Cuma Akal-akalan?

Kompas.com - 06/12/2020, 16:52 WIB
Presiden Liberia, George Weah. AFP/LUDOVIC MARINPresiden Liberia, George Weah.

MONROVIA, KOMPAS.com - Liberia akan mengadakan pemungutan suara pada Selasa (8/12/2020) untuk memastikan apakah referendum pemangkasan masa jabatan presiden disetujui rakyat atau tidak.

Beberapa anggota oposisi khawatir, perubahan yang diajukan Presiden Liberia George Weah itu justru akan dimanfaatkannya untuk memperpanjang masa jabatan.

Surat suara nantinya juga akan menanyakan para pemilih, apakah perlu mencabut larangan memegang kewarganegaraan ganda.

Baca juga: Fakta Timothy Weah, dari Anak Presiden Liberia hingga Bela Timnas AS

Weah yang merupakan legenda sepak bola, ingin memangkas masa jabatan presiden dan anggota parlemen dari 6 menjadi 5 tahun, dan untuk senator dari 9 menjadi 7 tahun.

"Saya yakin betul mempertahankan seseorang dalam kekuasaan untuk waktu yang lama bukan cara yang benar," kata pria 54 tahun itu kepada para pendukungnya pekan lalu, dalam unjuk rasa di kota Tubmanburg, sebagaimana dikutip Kompas.com dari AFP.

Mengurangi durasi masa jabatan adalah hal yang relatif baru di kawasan tersebut, karena biasanya para pemimpin mengubah konstitusi untuk menambah masa jabatan, khususnya yang sudah lansia.

Baca juga: George Weah, dari Lapangan Hijau Kini Terpilih Jadi Presiden Liberia

Di Guinea misalnya, Presiden Alpha Conde yang berusia 82 tahun memenangi masa jabatan ketiga secara kontroversial pada Oktober lalu, setelah mengubah UU yang membuatnya bisa melebihi batas dua periode.

Pada bulan yang sama, Presiden Pantai Gading Alassane Ouattara (78) terpilih untuk periode ketiga juga secara kontroversial setelah merevisi konstitusi negara.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X