Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wallaroo 'Bandel' Diselamatkan dari Sungai Usai Susah Payah Dikejar Polisi

Kompas.com - 05/12/2020, 16:46 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

PERU, KOMPAS.com - Polisi di Peru, Illinois, Amerika Serikat (AS) kewalahan mengejar 'buronan' mereka yang satu ini, seekor wallaroo!

Melansir Associated Press (AP) petugas kepolisian di kota sekitar 152 kilometer barat daya Chicago bergabung pada Rabu sore (2/12/2020) dengan petugas pemadam kebakaran dan juga penduudk lokal demi mendapatkan seekor wallaroo yang melarikan diri dan melompati pekarangan juga jalan raya.

Marsupial yang berasal dari Australia ini lebih besar dari walabi namun lebih kecil posturnya daripada kanguru. Hewan bernama 'Wally' ini telah melarikan diri dari pemiliknya di LaSalle County.

Baca juga: Bikin Rute Terbang Bergambar Kanguru, Boeing 747 Milik Qantas Pamit dari Australia

Karena khawatir marsupial itu akan tertabrak kendaraan, Kepala polisi Peru, Doug Bernabei menutup jalan raya di wilayah di mana hewan itu berlarian.

Wally terus melompat sampai mencapai sungai. Pemilik marsupial itu bahkan hendak memasuki sungai Illinois demi menyelamatkan marsupial tersebut namun kepala polisi Bernabei mencegahnya.

"Saya harus menahan pemilik Wally karena dia ingin memasuki Sungai Illinois dan itu akan menjadi sangat tragis," ungkap Bernabei dikutip WLS-TV.

Baca juga: Australia Lockdown, Kanguru Lompat-lompat Jelajahi Kota

Sementara itu, kebetulan ada 2 orang yang sedang memancing di sungai. Bernabei berteriak kepada 2 pemancing, "Keluarkan jaringmu! Keluarkan jaringmu!"

"Itu bukan anjing, itu wallaroo!"

Dua pemancing itu lalu menangkap Wally dan mengangkat hewan itu dari air yang sangat dingin lalu membantu hewan itu naik ke perahu mereka sebelum akhirnya membawa mereka ke tepi.

“Dia sangat kedinginan sehingga kami tidak bisa mencatat suhunya di termometer,” kata dokter hewan Allison Spayer. “Kami menghangatkannya lalu kami juga mengeringkannya."

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Kenapa dan Bagaimana Kanguru Melompat?

Bernabei lalu mengatakan bahwa hari Rabu itu adalah hari terbaik sejauh ini dalam setahun.

"Adalah hal baik bisa membawanya keluar dari sungai dan membawanya ke tempat yang hangat lalu merawatnya," ujar Bernabei.

Usai kejadian itu, petugas polisi akan memverifikasi apakah pemilik wallaroo bernama Wally itu memiliki izin untuk merawat binatang tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com