Foto Viral Polisi Pukul Petani Tua dalam Aksi Protes di India

Kompas.com - 03/12/2020, 18:59 WIB
Polisi mengayunkan pentung ke arah petani tua. Via BBC IndonesiaPolisi mengayunkan pentung ke arah petani tua.

NEW DELHI, KOMPAS.com - Foto seorang polisi paramiliter mengayunkan tongkat kayu ke arah pria Sikh tua menjadi momen meningkatnya protes para petani India yang masih berlanjut.

Foto yang diambil oleh Ravi Choudhary, seorang jurnalis foto Press Trust of India (PTI), menjadi viral di media sosial.

Foto itu juga menyebabkan ketegangan politik di dalam negeri.

Melansir CNN Indonesia pada Rabu (3/12/2020), para politikus oposisi menggunakan foto itu untuk mengkritik cara pemerintah menangani para petani.

Sementara, partai Perdana Menteri India Narendra Modi, Bharatiya Janata Party (BJP) mengklaim bahwa petani itu tidak terkena pukulan, yang merupakan klaim yang salah.

Ratusan ribu petani mengepung Delhi dalam beberapa hari terakhir, menutup hampir semua titik masuk ke ibu kota India itu.

Baca juga: Pria di India Diarak Telanjang karena Tuduh Saudara-saudaranya Berbuat Kriminal di Facebook Live

Mereka memprotes undang-undang yang dikeluarkan baru-baru ini yang menurut para petani merugikan mereka.

Pemerintah mengatakan reformasi dengan membuka sektor pertanian ke pihak swasta, tidak akan merugikan petani.

Namun, para petani tak percaya dan ribuan di antara mereka menuju Delhi, dan dihadang dengan barikade di perbatasan ibu kota.

Saat mereka tiba dalam konvoi traktor dan dengan berjalan kaki, puluhan ribu polisi dan tentara paramiliter dikerahkan untuk menghentikan arus petani ke ibu kota, yang menyebabkan bentrokan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X