Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Cara Negara Inggris, Eropa dan AS Mempercepat Pengadaan Vaksin Covid-19

Kompas.com - 03/12/2020, 16:59 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Inggris telah menjadi negara Barat pertama yang menyetujui vaksin Covid-19 untuk penggunaan umum, memberikan lampu hijau untuk obat Pfizer/BioNTech.

Sementara, pihak berwenang di AS dan Eropa menyelidiki kandidat vaksin virus corona lainnya.

Berikut cara berbagai negara AS dan Eropa mempercepat prosedur persetujuan vaksin virus corona untuk melawan pandemi Covid-19, seperti yang dilansir dari AFP pada Kamis (3/12/2020).

Baca juga: Berpacu dalam Pandemi, Inilah Deretan Calon Vaksin Corona Terdepan...

Inggris: tinjauan bergulir

Inggris dapat menyetujui vaksin Pfizer setelah Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan (MHRA) independen memberikan persetujuannya.

MHRA menggunakan proses "tinjauan bergulir" dari Juni untuk menilai vaksin Covid-19 dalam waktu singkat.

Tim ilmuwan telah bekerja "sepanjang waktu" pada berbagai aspek penilaian keselamatan, seringkali menangani beberapa topik secara paralel, kata kepala MHRA, June Raine.

Menteri Kesehatan Matt Hancock dan lainnya mengklaim bahwa keluarnya Inggris dari UE telah memungkinkannya untuk menyetujui vaksin lebih cepat daripada negara tetangganya.

"Tidak seperti EMA (European Medicines Agency), mereka (pihak terkait di Inggris) dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan tanggapan lebih cepat sebagai satu lembaga," kata Penny Ward, profesor kedokteran farmasi di King's College London.

Raine bersikeras bahwa "tidak ada tahapan apa pun yang telah dipotong" untuk mempercepat proses persetujuan vaksin Covid-19 di Inggris.

Baca juga: Vaksin Corona Akan Gratis di Arab Saudi, yang Negatif Covid-19 Jadi Prioritas

EU: prosedur yang dipercepat

European Medicines Agency (EMA) yang berbasis di Amsterdam, yang mengatur obat-obatan di 27 negara UE, juga telah beralih ke proses "tinjauan bergulir" untuk keamanan dan keefektifan data dari pengembang vaksin Covid-19.

Ketiga kandidat paling terdepan progresnya, yaitu Pfizer/BioNTech, Moderna dan Oxford/Astrazeneca, telah menerapkan skema tersebut selama beberapa pekan.

Menurut EMA, prosedur yang dipercepat diberikan untuk obat-obatan "yang memenuhi kebutuhan medis yang tidak terpenuhi atas dasar data yang kurang lengkap dari biasanya."

Pipa normal untuk vaksin akan melihat semua data yang dikumpulkan dan diserahkan di awal proses otorisasi.

Keputusan EMA tentang vaksin Coviv-19 Pfizer/BioNTech diharapkan "paling lambat 29 Desember", sementara keputusan tentang versi Moderna akan menyusul pada 12 Januari.

Hal itu, tergantung dari Komisi Eropa di Brussel untuk mengeluarkan lampu hijau terakhir.

Baca juga: Kabar Baik, Kandidat Vaksin Corona AstraZeneca Dilaporkan 90 Persen Efektif

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com