Italia Tawarkan Vaksinasi Covid-19 Gratis Dimulai dari Dokter dan Penghuni Panti Jompo

Kompas.com - 03/12/2020, 10:31 WIB
Ilustrasi vaksin corona SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin corona

ROMA, KOMPAS.com -  Italia akan memberikan semua warganya vaksinasi gratis untuk melawan virus corona, yang dimulai dari dokter dan penghuni panti jompo, setelah suntikan disetujui.

Menteri Kesehatan Italia Roberto Speranza pada Rabu (2/12/2020) mengatakan bahwa gerakan imunisasi diperkirakan dimulai pada musim semi.

Italia akan mendapatkan vaksinnya melalui program pengadaan UE dan sedang menunggu lampu hijau dari Badan Obat-obatan Eropa.

Speranza mengatakan Italia telah menandatangani kontrak untuk vaksin dari AstraZeneca, Johnson & Johnson, Sanofi, Pfizer, CureVac dan Moderna.

Setelah persetujuan datang, dokter dan petugas kesehatan akan mendapatkan suntikan pertama. Jumlahnya yaitu sekitar 1,4 juta orang.

Baca juga: Nenek 101 Tahun di Italia Ini 3 Kali Lolos dari Wabah Virus Corona

Kemudian diikuti oleh penghuni di panti jompo sekitar lebih dari 570.000 orang.

Warga yang berusia di atas 80 akan menjadi target vaksinasi yang berikutnya, diikuti oleh mereka yang berusia antara 60 dan 79 tahun serta mereka yang menderita setidaknya satu penyakit kronis.

Vaksin kemudian akan didistribusikan ke pekerja pokok, meliputi guru, polisi, sipir penjara, sebelum ditawarkan kepada masyarakat umum di walk-in center.

Speranza mendesak semua anggota parlemen di Italia untuk mendukung dorongan imunisasi, di mana sebelumnya banyak para pegiat yang vokal menentang vaksinasi.

"Tidak ada mayoritas atau oposisi pemerintah dalam hal ini, hanya ada orang Italia," katanya.

Baca juga: Studi Sebut Covid-19 Sudah Ada di Italia sejak September 2019, China: Bukti Kami Tak Bersalah

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X