Uni Eropa Alokasikan Dana Rp 341 Miliar Lebih untuk Program Baru ASEAN Atasi Covid-19

Kompas.com - 02/12/2020, 21:29 WIB
Ilustrasi virus corona (Covid-19) SHUTTER STOCKIlustrasi virus corona (Covid-19)

BRUSSELS, KOMPAS.com - Uni Eropa (UE) pada Selasa (1/12/2020) mengumumkan program baru senilai 20 juta euro (Rp 341,3 miliar) dialokasikan kepada ASEAN sebagai bagian dari respon global dari Tim Eropa terhadap pandemi virus corona.

Program tersebut, yaitu Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat terhadap Pandemi di Asia Tenggara, yang akan dilaksanakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bekerja sama dengan pemerintah pusat negara-negara ASEAN dan Sekretariat ASEAN.

Program itu bertujuan meningkatkan koordinasi regional untuk penanggulangan Covid-19 dan memperkuat kapasitas sistem kesehatan di Asia Tenggara, sekaligus memberikan fokus
khusus pada kelompok rentan.

Baca juga: Kasus Bunuh Diri Melonjak Selama Covid-19, Jepang Peringatkan Dunia

Hal itu diumumkan oleh Komisioner untuk Kemitraan Internasional, Jutta Urpilainen dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri Uni Eropa-ASEAN ke-23 (AEMM) pada Selasa.

Program yang berdurasi 42 bulan ini akan memperkuat kapasitas pemantauan dan pengujian di negara-negara ASEAN, serta kapasitas lembaga kesehatan, dan tenaga kesehatan dalam menangani kasus Covid-19, sambil tetap memberikan layanan kesehatan penting lainnya.

Program ini juga akan mendukung komunikasi yang transparan dan tepat waktu tentang pandemi Covid-19.

Selain itu, mendukung penyampaian informasi terkait tindakan pencegahan, gejala serta risiko penyakit Covid-19 ke masyarakat yang tinggal di pedesaan dan daerah terpencil.

Baca juga: Ceritakan Realitas Kondisi Wuhan sejak Dilanda Pandemi Covid-19, Wanita Ini Dikritik Tidak Nasionalis

"Koordinasi yang kuat di tingkat regional terhadap akses informasi, peralatan dan vaksin merupakan hal yang krusial untuk mengatasi krisis ini (Covid-19)," kata Duta Besar Uni Eropa (UE) untuk ASEAN, Igor Driesmans dalam konferensi pers virtual pada Rabu (2/12/2020).

"Kita sama-sama mengalami krisis ini dan sebagai mitra kita lebih kuat jika menghadapinya bersama,” tambahnya.

Bantuan Uni Eropa dalam menanggapi pandemi virus corona di kawasan Asia Tenggara mencapai 350 juta euro (Rp 5,9 triliun).

Baca juga: Terjangkit Covid-19, Ibu di Rusia Melahirkan Sebelum Meninggal

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X