Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntut Pencarian Tentara yang Hilang, Ribuan Orang Berdemo di Armenia

Kompas.com - 30/11/2020, 10:51 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

YEREVAN, KOMPAS.com - Ribuan orang turun ke jalanan ibu kota Armenia, Yerevan, pada Minggu (29/11/2020) untuk menuntut pihak berwenang bertindak menemukan tentara yang hilang, dalam perang lawan Azerbaijan di Nagorno-Karabakh.

Para pedemo termasuk beberapa selebritas lokal, berjalan menuju Yerevan sambil memegang foto tentara yang hilang dan poster bertuliskan, "Bantu kembalikan orang-orang kami."

Pada awal demo, para demonstran membacakan surat yang ditujukan ke duta besar Rusia di Yerevan, yang memintanya untuk turun tangan dan menyampaikan permintaan mereka ke Moskwa.

Baca juga: 4 Warga Sipil Azerbaijan Terbunuh Terkena Ranjau Darat Armenia

Perang Azerbaijan-Armenia yang berlangsung selama 6 minggu itu dihentikan oleh kesepakatan damai yang ditengahi Rusia, dan ditandatangani kedua belah pihak yang bersengketa pada 9 November.

Dalam dokumen tersebut, disepakati Azerbaijan merebut kembali sebagian besar wilayah yang selama 30 tahun dikuasai separatis Armenia. Perjanjian itu juga mengatur pertukaran tahanan dan jenazah.

Dari pantauan jurnalis AFP di lokasi, ada perkumpulan kecil sekitar 30 orang pada Sabtu (28/11/2020) di kota utama Karabakh, Stepanakert.

Baca juga: Perang Azerbaijan-Armenia Tengah Diselidiki Adanya Dugaan Kejahatan Perang

Para pengunjuk rasa memblokir sebentar jalan utama di kota, sampai perwakilan mereka diterima oleh Arayik Harutyunyan presiden republik yang mengklaim merdeka itu.

"Kami menyerukan tindakan segera untuk menyelesaikan masalah ini. Tetapi pihak berwenang mengatakan bahwa itu bukan tergantung pada mereka, tapi tergantung pada orang Azerbaijan," ucap Arsen Ghukasyan (47) setelah pertemuan.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com