Tolak Penerapan Lockdown, 150 Demonstran Ditahan Polisi

Kompas.com - 30/11/2020, 10:24 WIB
Kelompk anti-lockdown menggelar aksi di London, Inggris, pada Sabtu (17/10/2020). Twitter @frauenmesseKelompk anti-lockdown menggelar aksi di London, Inggris, pada Sabtu (17/10/2020).

LONDON, KOMPAS.com – Kepolisian Inggris menangkap 150 orang yang mengelar unjuk rasa menentang kebijakan lockdown pada Sabtu (28/11/2020).

Penangkapan tersebut merupakan upaya kepolisian untuk menekan protes anti-lockdown di London, Inggris, di tengah tensi yang terus meningkat saat penerapan lockdown di Inggris.

Kepolisian Metropolitan London mengatakan orang-orang yang ditangkap tersebut adalah mereka yang melanggar aturan pencegahan penyebaran virus corona, menyerang polisi, dan penyalahgunaan narkoba.

Penerapan lockdown di Inggris, yang melarang pertemuan massal, dijadwalkan berakhir pada 2 Desember sebagaimana dilansir dari New York Times, Minggu (29/11/2020).

Baca juga: Kemampuan Bersembunyi Pasukan Khusus Inggris, Bisakah Kamu Temukan?

Petugas polisi berbaris di beberapa jalan di distrik perbelanjaan West End dan menghadapi pengunjuk rasa di St James Park, kantor berita Reuters melaporkan.

Pengunjuk rasa anti-lockdown bergabung dengan kelompok-kelompok yang berdemonstrasi menentang vaksin Covid-19.

Para pengunjuk rasa berbaris di sepanjang jalan Oxford dan Regent. Mereka mengabaikan peringatan untuk membubarkan diri.

Malah, bentrok antara polisi dan pengunjuk rasa pecah ketika botol dan bom asap dilemparkan, Associated Press melaporkan.

Baca juga: Serial The Crown Dinilai Bisa Merusak Citra Kerajaan Inggris, Ini Sebabnya...

Meskipun penerapan lockdown dicabut beberapa hari lagi, pemerintah mengeluakan seperangkat aturan baru pada Kamis (26/11/2020).

Peraturan baru tersebut akan membagi Inggris menjadi tiga tingkatan pembatasan untuk menekan penyebaran virus corona.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X