Gelombang Panas Akan Terjang Australia, Suhu Capai 47 Derajat Celcius

Kompas.com - 29/11/2020, 17:53 WIB
Kondisi gelombang panas akan terjadi mulai hari Jumat hingga Minggu pekan ini di hampir seluruh wilayah Australia kecuali Tasmania. BUREAU OF METEOROLOGY via ABC INDONESIAKondisi gelombang panas akan terjadi mulai hari Jumat hingga Minggu pekan ini di hampir seluruh wilayah Australia kecuali Tasmania.

CANBERRA, KOMPAS.com - Musim panas tahun ini belum lama berlangsung di Australia namun kondisi gelombang panas diperkirakan mulai terjadi pada akhir pekan. Di Adelaide, suhu udara 40 derajat Celcius akan berlangsung selama tiga hari.

Biro Meteorologi Australia (BOM) menyebutkan kondisi gelombang panas kategori tinggi akan menerjang sebagian besar wilayah dengan sumber suhu panas yang bergerak dari bagian tengah benua ini.

BOM menetapkan kondisi gelombang panas terjadi bila suhu udara maksimum dan minimum mengalami kenaikan dari biasanya selama tiga hari atau lebih.

Baca juga: Buntut Penyelidikan Pembunuhan di Afghanistan, 13 Tentara Australia Dipecat

Gelombang panas dibagi dalam tiga kategori yaitu ekstrem, bila dapat menimbulkan dampak pada infrastruktur, transportasi, energi, pertanian, cedera pada orang sehat maupun yang rentan.

Kategori gelombang panas tinggi terjadi bila membawa dampak bagi kesehatan orang yang rentan, sedangkan kategori ringan bila tingkat suhu panas tidak biasa namun secara umum tidak menimbulkan dampak kesehatan.

Di mana saja gelombang panas akan menerjang?

Menurut penjelasan Jonathan How dari BOM, suhu panas terus meningkat di bagian utara dan tengah Australia selama beberapa minggu terakhir, dan pergerakan suhu dingin akan mendorong suhu panas tersebut ke bagian tenggara.

Mulai hari Rabu, suhu udara di Australia Selatan dan wilayah barat Victoria akan naik dan mencapai 30 derajat Celcius.

Mulai Kamis (26/11/2020), suhu panas diperkirakan meningkat dan bergerak ke wilayah pedalaman New South Wales.

Pada Jumat (27/11/2020), suhu udara akan mencapai 10 hingga 20 derajat lebih tinggi dari suhu rata-rata untuk wilayah selatan Australia Selatan dan wilayah barat Victoria. Suhunya akan berkisar antara 30 hingga 40 derajat Celcius.

Baca juga: Penjahit di Australia Hadapi Tingkat Eksploitasi Tinggi dan Dibayar Rendah

Puncak suhu panas akan terjadi pada Sabtu dan diperkirakan akan memecahkan rekor suhu panas bulan November.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X