China Pasang Ratusan Juta CCTV, Bagaimana Cara Warganya Menghindari Kamera Pengawas Itu?

Kompas.com - 26/11/2020, 15:17 WIB
Seniman China Deng dan sejumlah relawan mempraktikan bagaimana cara mereka menghindari kamera CCTV yang dipasang pemerintah di segala sisi. BBC NewsSeniman China Deng dan sejumlah relawan mempraktikan bagaimana cara mereka menghindari kamera CCTV yang dipasang pemerintah di segala sisi.

BEIJING, KOMPAS.com - Pada Senin sore yang sibuk pada akhir Oktober, barisan orang mengenakan rompi menyala berdiri di Happiness Avenue, di pusat kota Beijing.

Mereka bergerak perlahan dengan hati-hati di sepanjang trotoar. Beberapa orang berjongkok dan yang lainnya memiringkan kepala ke arah bawah, memancing rasa penasaran khalayak sekitar yang mengabadikan gerak-gerik mereka menggunakan kamera.

Adegan itu merupakan pertunjukan yang dipentaskan oleh seniman Deng Yufeng, yang mencoba menunjukkan betapa sulitnya menghindari kamera CCTV di ibu kota China.

Baca juga: Viral, Rekaman Kamera CCTV Pencurian Kotak Amal Diduga Dilakukan Satu Keluarga

Ketika pemerintah dan perusahaan di seluruh dunia meningkatkan investasi mereka pada jaringan keamanan, ratusan juta lebih kamera pengawas ditargetkan terpasang pada 2021 - dan kebanyakan dari kamera CCTV itu akan berada di China, menurut analis industri IHS Markit.

Hingga 2018, sudah ada sekitar 200 juta kamera pengawas di China.

Dan pada 2021, menurut Wall Street Journal, jumlah ini diperkirakan mencapai 560 juta unit, atau bila dirata-rata sekitar satu kamera untuk setiap 2,4 warga.

China mengatakan pemasangan kamera CCTV ini untuk mencegah tindak kriminal.

Pada 2018, jumlah korban pembunuhan berencana per tiap penduduk dalam populasi di China 10 kali lebih rendah daripada di AS, menurut kantor PBB urusan Narkoba dan Kejahatan.

Tetapi semakin banyak warga China yang justru mempertanyakan imbas kamera itu terhadap privasi mereka.

Baca juga: China Persiapkan Aturan untuk Hindari Praktik Ekstremisme Agama

Mereka juga bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika data pribadi mereka dibobol.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X