Arkeolog Yakin Temukan Rumah Masa Kecil Yesus di Nazareth

Kompas.com - 24/11/2020, 14:41 WIB
Foto kanan adalah goa yang diyakini merupakan rumah masa kecil Yesus Kristus di Nazareth, Israel. Tempat itu kini sudah menjadi Biara Sisters of Nazareth. Foto kanan adalah Yesus saat dewasa bersama para murid-Nya. Wikimedia Commons, Global Look Press via Russian TodayFoto kanan adalah goa yang diyakini merupakan rumah masa kecil Yesus Kristus di Nazareth, Israel. Tempat itu kini sudah menjadi Biara Sisters of Nazareth. Foto kanan adalah Yesus saat dewasa bersama para murid-Nya.

NAZARETH, KOMPAS.com - Seorang arkeolog kenamaan Inggris dengan yakin menyatakan, dia menemukan situs kuno di Nazareth yang diyakini rumah masa kecil Yesus Kristus.

Bangunan yang berdasarkan pemeriksaan berasal dari abad pertama itu kini dilaporkan menjadi rumah bagi Biara Sisters of Nazareth.

Pada abad ke-19, situs itu dipercaya sebagai lokasi di mana Yesus Kristus menghabiskan masa kecilnya bersama dengan Maria dan Yusuf.

Baca juga: Mahkota Duri yang Dipakai Yesus Diselamatkan dari Kebakaran Gereja Notre Dame

Namun, teori tersebut kemudian mulai mendapat bantahan pada media 1930-an, dan sejak saat itu tidak dibahas selama puluhan tahun.

Tetapi Ken Dark, profesor bidang arkeologi dan sejarah di Universitas Reading, Inggris, meyakininya setelah menghabiskan 14 tahun studi dan penelitian.

Dia menjelaskan keyakinan itu didapat setelah memeriksa bongkahan batu besar yang kelihatan utuh, termasuk yang mirip dengan tangga.

Dilansir Russian Today Senin (23/11/2020), berdasarkan pemeriksaan itu dia menduga pada abad pertama terdapat ruang keluarga dan penyimpanan, termasuk atap.

Profesor Dark menemukan bahwa orang-orang di sekitar kawasan itu yakin, situs tersebut adalah rumah Yesus menghabiskan masa kecilnya.

Investigasi yang dilakukan si arkeolog terhadap bangunan dua lantai itu mengungkapkan, gedungnya dibuat dengan begitu detil dan ahli.

Baca juga: Turki Berencana Tutup Gambar Yesus dan Bunda Maria di Hagia Sophia Pakai Teknologi Khusus

Dark menjelaskan orang yang membuat mempunyai pemahaman akan bebatuan yang bagus. Kemampuan yang dipunyai oleh seorang tekton.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X