Jika Disetujui, Jerman akan Memulai Vaksinasi pada Desember

Kompas.com - 24/11/2020, 14:07 WIB
Ilustrasi vaksinasi lansia, vaksin untuk lansia SHUTTERSTOCK/Bojan MilinkovIlustrasi vaksinasi lansia, vaksin untuk lansia

KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn mengatakan kepada Redaktions Netzwerk Deutschland pada Senin (23/11/2020) bahwa pihaknya telah meminta 16 negara bagian di negara itu untuk mendirikan pusat imunisasi virus corona pada pertengahan Desember, dengan asumsi otoritas Eropa menyetujui vaksin pertama.

“Saya lebih memilih kita punya pusat imunisasi siap pakai yang tidak aktif selama beberapa hari daripada punya vaksin berlisensi tapi tidak dapat digunakan,” kata Spahn.

Dia juga menegaskan kembali bahwa warga yang rentan seperti lansia akan diberikan vaksin terlebih dahulu.

Jerman telah mendapatkan lebih dari 300 juta dosis vaksin virus corona melalui Komisi Eropa di bawah kontrak dan opsi bilateral, demikian perkiraan Spahn.

“Bahkan dengan dua dosis per imunisasi (tiap individu) kita akan memiliki cukup vaksin untuk populasi kita sendiri (Jerman) bahkan dapat berbagi dengan negara lain,” ujar Spahn.

Lalu bagaimana dengan perkembangan terkait vaksin dan pandemi di seluruh dunia? Berikut beberapa ringkasannya.

Baca juga: Vaksin Corona Akan Gratis di Arab Saudi, yang Negatif Covid-19 Jadi Prioritas


Negara-negara berkembang

Sekitar 2 miliar dosis yang ditujukan untuk negara-negara miskin seperti Yaman, Burundi, dan Afghanistan akan dikirim dan diterbangkan tahun depan, demikian diumumkan oleh Badan PBB untuk anak-anak, UNICEF, pada Senin.

Divisi Pasokan UNICEF mengatakan bahwa operasi raksasa mereka merupakan bagian dari rencana alokasi COVAX global dengan Organisasi Kesehatan Dunia PBB. Operasi ini akan melibatkan sekitar 350 maskapai penerbangan dan perusahaan pengangkutan.

Sementara itu, para pemimpin ekonomi dunia G20 pada akhir pekan lalu telah berjanji untuk memastikan distribusi vaksin yang adil.

Baca juga: Kabar Baik, Kandidat Vaksin Corona AstraZeneca Dilaporkan 90 Persen Efektif

Eropa

Di Jerman, para perdana menteri negara bagian tengah menyiapkan proposal strategi penanggulangan wabah corona baru untuk bulan Desember mendatang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X