Xi Jinping Usulkan QR Code Kesehatan Global untuk Pulihkan Dunia dari Pandemi

Kompas.com - 23/11/2020, 06:41 WIB
Presiden China Xi Jinping berbicara dalam pesan yang direkam sebelumnya yang diputar selama sesi ke-75 Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, Selasa, 22 September 2020, di markas besar PBB di New York. AP/UNTVPresiden China Xi Jinping berbicara dalam pesan yang direkam sebelumnya yang diputar selama sesi ke-75 Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, Selasa, 22 September 2020, di markas besar PBB di New York.

BEIJING, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping dalam KTT G20 mengusulkan pembuatan QR code kesehatan yang diakui secara global, untuk membantu memulihkan perdagangan dan perjalanan internasional dari pandemi virus corona.

"Sambil menahan virus, kita perlu memulihkan operasi industri dan rantai pasokan global yang aman dan lancar," katanya pada Sabtu malam (21/11/2020) dikutip dari Russian Today.

Xi menambahkan, upaya itu juga dilakukan sembari mengadvokasi kebutuhan mengurangi tarif dan hambatan, serta meliberalisasi perdagangan perlengkapan medis penting.

Baca juga: Bill Clinton: Xi Jinping Presiden Seumur Hidup Pengaruhi Hubungan AS-China Memburuk

Kemudian Xi mengusulkan penciptaan mekanisme yang akan menyederhanakan pelacakan orang-orang di dunia yang terkena Covid-19.

"Cara-cara itu bisa dilakukan dalam bentuk QR code yang berisi informasi kesehatan masyarakat," terangnya.

QR code ini secara aktif telah digunakan di China terutama dalam perjalanan dalam negeri.

Baca juga: KTT APEC 2020, Presiden Xi Jinping Sebut China Titik Pusat Perdagangan Bebas Dunia

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X