Wawancaranya jadi Kontroversi, Apa Saja yang Diumbar Putri Diana ke BBC?

Kompas.com - 22/11/2020, 15:45 WIB
Putri Diana REPRO BIDIK LAYAR VIA CHEATSHEET.comPutri Diana

LONDON, KOMPAS.com - Putri Diana mengejutkan dunia dan membuat syok Kerajaan Inggris, saat membeberkan konflik rumah tangganya dengan Pangeran Charles, ke jurnalis BBC Martin Bashir di program Panorama pada 1995.

Wawancara itu ditonton sekitar 22,8 juta orang, dan adik Putri Diana yaitu Charles Spencer atau Earl Spencer menuduh Martin Bashir curang untuk menghasut kakaknya agar mau buka suara.

Atas klaim tersebut BBC kemudian bersedia melakukan penyelidikan, yang dipimpin mantan hakim senior Inggris, Lord Dyson.

Baca juga: BBC Dituduh Menipu Putri Diana Saat Wawancara pada 1995, Pangeran William Dukung Penyelidikan

Salah satu kalimat terkenal yang diucapkan Putri Diana adalah, "Well, ada tiga orang dalam pernikahan ini, jadi agak ramai."

Ia merujuk pada hubungan Pangeran Charles dengan mantannya, Camilla Parker-Bowles, yang sekarang menjadi istri pewaris takhta Kerajaan Inggris tersebut.

Lantas apa saja yang dikatakan Putri Diana sehingga wawancaranya jadi kontroversi? Berikut rangkumannya dari Mirror dan transkrip wawancara BBC.

Baca juga: Kontroversi Wawancara Putri Diana Diselidiki Terbatas, Adiknya Tak Terima

Pada 1995 Diana dan Pangeran Charlses telah berpisah selama tiga tahun, dan dia berbicara secara gamblang tentang karamnya bahtera rumah tangga mereka.

Bashir bertanya ke Diana apakah dia tahu soal dugaan perselingkuhan Charles dengan Camilla, dia menjawab, "Oh, naluri seorang wanita sangat baik."

Diana mengaku tahu tentang suaminya yang selingkuh karena ada perubahan dalam perilaku dan dari insting wanitanya.

Wanita berjuluk Princess of Wales itu kemudian mengungkap bulimia, "penyakit rahasia" yang menyerangnya dan bisa membuat dirinya makan sampai lima kali sehari.

Baca juga: Bukan Diana atau Camilla, Ada Gadis Lain Pencuri Hati Pangeran Charles

Halaman:

Sumber BBC,Mirror
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X