Kompas.com - 21/11/2020, 16:00 WIB

KOMPAS.com - John Fitzgerald Kennedy, presiden ke-35 Amerika Serikat dibunuh saat melakukan perjalanan melalui Dallas, Texas, dengan sebuah mobil terbuka, pada 57 tahun silam.

Ibu negara, Jacqueline Kennedy, biasanya jarang menemani suaminya dalam acara politik, tetapi saat itu dia berada di sampingnya, bersama dengan Gubernur Texas John Connally dan istrinya.

Iring-iringan mobil itu berjalan sejauh 10 mil atau 16 kilometer, yang melalui jalan-jalan di pusat kota Dallas pada 22 November 1963 silam.

Pada saat itu, keluaga Kennedy dan Connally melambai pada kerumunan besar dan antusias yang berkumpul di sepanjang rute parade.

Saat kendaraan mereka melewati Gedung Penyimpanan Buku Sekolah Texas pada pukul 12:30 waktu setempat, pembunuhan itu terjadi.

Lee Harvey Oswald melepaskan 3 tembakan dari lantai 6 gedung, melukai Presiden Kennedy secara fatal dan melukai Gubernur Connally secara serius, seperti yang dilansir dari History.

Kennedy dinyatakan meninggal 30 menit kemudian di Rumah Sakit Parkland Dallas.

Dia meninggal pada usia 46 tahun, di masa 2 tahun jabatannya sebagai presiden berkuasa AS.

Oswald, seorang mantan Marinir AS yang telah memeluk Marxisme dan membelot beberapa kali ke Uni Soviet tidak pernah diadili atas pembunuhan itu, karena saat dipindahkan setelah ditahan, dia ditembak mati oleh Jack Ruby, pemilik klub malam Dallas yang kecewa.

Baca juga: Kim Jong Un dan Ri Sol Ju, Replika Pasangan John F Kennedy dan Jackie Kennedy

Lyndon Johnson dilantik

Wakil Presiden Lyndon Johnson, yang berjarak 3 mobil di belakang Presiden Kennedy dalam iring-iringan mobil, dilantik sebagai presiden Amerika Serikat ke-36 pada pukul 14:39 waktu setempat.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.