Jumlah Kematian karena Covid-19 di Meksiko Capai Lebih dari 100.000

Kompas.com - 20/11/2020, 12:21 WIB
Ilustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona ShutterstockIlustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona

MEKSIKO, KOMPAS.com - Jumlah kematian akibat Covid-19 di Meksiko pada Kamis (19/11/2020) menjadi salah satu yang tertinggi di dunia, yaitu mencapai 100.000 dalam beberapa hari setelah melewati 1 juta kasus infeksi virus corona.

Berdasarkan Worldometer pada Jumat (20/11/2020), angka kematian di Meksiko berada di urutan 4 tertinggi setelah Amerika Serikat (258.333), India (132.202), dan Brasil (168.141).

“Masyarakat Meksiko sebelumnya tidak memiliki penyakit menular akut yang dapat menyebabkan penyebaran yang begitu cepat dan mempengaruhi kehidupan begitu banyak orang,” kata Wakil Menteri Kesehatan Meksiko, Hugo Lopez-Gatell kepada wartawan pada Kamis malam (19/11/2020).

Baca juga: Denmark: Mutasi Virus Corona di Cerpelai Sudah Dibasmi

Dengan populasi sekitar 125 juta, Meksiko menyumbang lebih dari 7 persen kematian yang dikonfirmasi secara global, menurut penghitungan Reuters.

Angka kematiannya yang hampir 10 persen lebih tinggi daripada negara lain yang telah melaporkan lebih dari 1 juta kasus.

Pejabat pemerintah mengakui bahwa jumlah tersebut hampir pasti hanya mencerminkan sebagian kecil dari jumlah kematian sebenarnya.

Penyebaran virus corona di Meksiko diperkirakan diperburuk karena dana rumah sakit umum yang berkurang drastis, serta jutaan orang harus meninggalkan rumah setiap hari untuk mencari nafkah.

Baca juga: 17 WNI Positif Corona Saat Tiba di Jepang, Sebelumnya Hasil Tes di Jakarta Tunjukkan Negatif

Sejak awal pandemi, pemerintah telah menghindari mengambil dana talangan untuk bisnis atau pembayaran tunai bagi pekerja.

Negara di Amerika Utara ini mengambil pendekatan yang berbeda dari banyak negara lain yang berusaha meredam pukulan ekonomi dengan dana talangan.

Kementerian kesehatan melaporkan terjadi 576 kematian baru pada Kamis, sehingga jumlah korban menjadi 100.104.

Baca juga: Jerman Puji Kaum Rebahan sebagai Pahlawan Perangi Virus Corona

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X