Microsoft: Rusia dan Korea Utara Meretas Perusahaan Pembuat Vaksin

Kompas.com - 16/11/2020, 10:33 WIB
Ilustrasi Microsoft KOMPAS.com/Reska K. NistantoIlustrasi Microsoft

KOMPAS.com - Perusahaan perangkat lunak multinasional, Microsoft, mengeklaim bahwa adanya serangan siber menyasar badan layanan kesehatan dalam memerangi pandemi virus corona.

Dalam sebuah unggahan, Microsoft mendeteksi adanya serangan siber dari tiga kelompok hacker atau  peretas yang didalangi oleh aktor negara.

Mereka menargetkan tujuh perusahaan besar yang terlibat dalam penelitian vaksin dan perawatan untuk virus corona.

Tiga kelompok peretas yang terlibat dalam serangan tersebut berasal dari Rusia dan Korea Utara sebagaimana dilansir dari Asia One, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Vaksin Covid-19 terhadap Mutasi Cerpelai sedang dalam Uji Coba Awal

Rinciannya adalah kelompok Strontium dari Rusia dan kelompok Zinc juga Cerium dari Korea Utara.

Mereka melakukan serangan siber dengan beragam cara yakni melalui password spray, upaya login dengan brute force, dan umpan spear-phishing untuk mencuri login credentials.

Sementara itu, tujuh perusahaan yang menjadi target serangan siber tersebut berpusat di Kanada, Perancis, India, Korea Selatan, dan Amerika Serikat ( AS).

Perusahaan-perusahaan tersebut mayoritas adalah produsen vaksin yang memiliki produk  yang masih diuji klinis.

Baca juga: Khawatir Pengaruhi Efektivitas Vaksin, 17 Juta Cerpelai Penyebar Covid-19 Segera Dimusnahkan

Selain itu, perusahaan-perusahaan tersebut juga memiliki kontrak atau investasi dari instansi pemerintah dari beberapa negara demokrasi.

Microsoft mengatakan, beruntungnya sebagian besar serangan siber tersebut berhasil diblokir oleh sistem keamanan dari perusahaan yang bersangkutan.

Halaman:

Sumber Asia One
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X