Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekek Ini Tersentuh Pelaku Pencuri Skuter Kesayangannya adalah Orang dengan Ganguan Mobilitas seperti Dirinya

Kompas.com - 14/11/2020, 20:51 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Editor

SYDNEY, KOMPAS.com - Momentum yang emosional terjadi saat seorang kakek dipertemukan kembali dengan skuter yang selalu membantu mobilitasnya dan dianggap seperti temannya.

Skuter yang membantunya bertahun-tahun dicuri seseorang pada akhir pekan lalu.

"Skuter ini sudah menjadi seperti bagian dari tubuh saya dan tanpanya saya seperti tidak lengkap, dan saya harus berterima kasih kepada semua orang," kata Laurie Adams yang berusia 82 tahun sambil menangis pada Rabu (11/11/2020).

Kisah kakek ini menyentuh warga Sydney dan sekitarnya di Australia, setelah seruan polisi diluncurkan menyusul pencurian pada Minggu (8/11/2020).

Laurie, yang setengah tuli dan berjuang dengan penyakit emfisema dan jantung, sedang tidur siang ketika skuternya yang terparkir di luar apartemennya di jalan yang sepi di pinggiran kota Ultimo, Sydney, dicuri.

Peristiwa ini mengundang curahan dukungan. Tawaran bantuan, termasuk skuter pengganti, membanjiri dari tempat yang jauh, seperti Melbourne.

Baca juga: Dilarang Jenguk Istri, Kakek 81 Tahun dengan Romantis Mainkan Akordeon di Balik Jendela Rumah Sakit

Polisi mengatakan mereka "dibanjiri" dengan informasi, dan pada Rabu, skuter itu kembali ke tangan Laurie, dan tersangka pelaku sekarang harus menjalani sidang.

Air mata keputusasaan Laurie berubah menjadi air mata terima kasih, saat dia berusaha menguasai diri di bawah sorotan perhatian yang tak diduganya.

"Saya benar-benar sangat senang mendapatkannya (skuter) kembali," katanya sambil terisak seperti yang dilansir dari ABC Indonesia pada Kamis (12/11/2020).

"Maafkan saya karena menjadi emosional, saya tidak pernah mendapat perhatian sebanyak ini sepanjang hidup saya."

"Tapi, saya juga akan punya masalah besar, karena semua orang ingin memberi saya skuter baru, dan apa yang akan saya lakukan dengan 6 skuter?" ujarnya.

Baca juga: Cucu Joe Biden Rayakan Kemenangan Sang Kakek di TikTok

Ketika Anda tua, tidak ada yang menginginkan Anda

Pengalaman Laurie sekaligus mengingatkan akan kerentanan para orang lanjut usia di masyarakat Australia, dan bagaimana skuter penyokong mobilitas dapat menjadi hal yang krusial untuk kemandirian.

Laurie mengatakan dia tidak punya teman, tetapi dia meluangkan waktu untuk membersihkan dan menyumbangkan mainan bekas kepada anak-anak di lingkungan setempat, dan memberi makan burung perkici sekitar tempat tinggalnya.

"Ketika Anda berusia 82 tahun, tidak ada yang menginginkan Anda. Saya tidak ingin tinggal di panti jompo, saya terlalu mandiri. Saya ingin tinggal di rumah saya sendiri," ucapnya.

Meski telah menjadi korban pencurian, Laurie tidak ingin pelakunya dihukum.

Baca juga: Warga Irlandia Turut Rayakan Kemenangan Biden: Kakek Buyutnya dari Sini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com