Kisah Nazi yang Mencuri Buku Masak dari Chef Yahudi

Kompas.com - 14/11/2020, 17:48 WIB
Buku masak Alice Urbach menjadi buku terlaris pada tahun 1930-an. Sebagai seorang Yahudi, dia meninggalkan rumahnya, sebelum Nazi menerbitkan ulang buku itu dengan nama yang berbeda tanpa memberikan penghargaan kepadanya. DW IndonesiaBuku masak Alice Urbach menjadi buku terlaris pada tahun 1930-an. Sebagai seorang Yahudi, dia meninggalkan rumahnya, sebelum Nazi menerbitkan ulang buku itu dengan nama yang berbeda tanpa memberikan penghargaan kepadanya.

KOMPAS.com - Buku masak Alice Urbach menjadi buku terlaris pada tahun 1930-an. Sebagai seorang Yahudi, dia meninggalkan buku itu di rumahnya.

Nazi yang mencuri buku itu, menerbitkan ulang buku Alice dengan nama yang berbeda tanpa memberikan penghargaan kepadanya.

Resep Kaiserschmarrn, sejenis panekuk orak-arik manis, strudel apel dan donat spesial untuk musim karnaval hanyalah sebagian dari hidangan di buku masak Alice Urbach yang memiliki lebih dari 500 halaman.

Buku itu berjudul "So kocht man in Wien!" atau "Beginilah Cara Kami Memasak di Wina!". Pada tahun 1930-an, hampir setiap rumah tangga di Wina memiliki buku tersebut dan Alice Urbah mendapati dirinya sebagai penulis buku paling laris.

Namun, ketenaran itu tidak bertahan lama.

Baca juga: Anak Laki-laki Berusia 6 Tahun Ini Tercatat sebagai Pahlawan Anti-Nazi Termuda

Siapakah Alice Urbach?

Lahir di Wina pada tahun 1886 dari orang tua Yahudi, Alice Urbach memiliki mata biru dan berambut pirang.

Kebanyakan orang tua memiliki rencana besar untuk anak-anak mereka, berharap mereka menjadi dokter atau pengacara kelas atas di Wina.

Sebaliknya Alice memiliki kecintaan pada memasak yang dia sudah temukan sejak usia dini. Namun begitu dia tidak berhasil meyakinkan sang ayah dengan kue-kue buatannya.

Alice kemudian menikah dengan seorang dokter yang sayangnya lebih tertarik pada perjudian daripada istrinya.

Suaminya meninggal dunia delapan tahun setelah pernikahan mereka, meninggalkan Alice dengan dua anak kecil dengan kehidupan yang melarat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X