Tangkal Serangan Beruang, Kota di Jepang Pasang Robot Serigala

Kompas.com - 14/11/2020, 14:10 WIB
Robot serigala yang dijuluki Monster Wolf untuk mengusir beruang. Robot tersebut dipasang di wilayah Takikawa, Hokkaido, Jepang. NHK NewsRobot serigala yang dijuluki Monster Wolf untuk mengusir beruang. Robot tersebut dipasang di wilayah Takikawa, Hokkaido, Jepang.

TAKIKAWA, KOMPAS.com - Sebuah kota di pinggiran Jepang memasang sebuah robot serigala sebagai strategi untuk mengusir hewan liar, khususnya beruang hitam.

Pasalnya, serangan beruang hitam di pinggiran Jepang menjadi semakin sering dalam beberapa tahun terakhir.

Robot serigala yang dijuluki Moster Wolf tersebut dipasang di Takikawa, Hokkaido, Jepang sebagaimana dilansir dari The Guardian via Inside Edition, Kamis (12/11/2020).

The Guardian melaporkan serangan beruang hitam di wilayah tersebut mencapai klimaksnya dalam lima tahun terakhir.

Baca juga: Naik ke Kapal Selam Rusia, Induk Beruang Ini dan Anaknya Ditembak Mati

Pada 2020 saja, terdapat sekitar 20 serangan beruang hitam di wilayah tersebut dengan dua serangan di antaranya berakibat fatal.

Sedangkan pada 2019, intensitas serangan sangat tinggi dengan 157 laporan serangan beruang terhadap manusia.

Khawatir akan hal tersebut, pemerintah daerah berinisiatif untuk mencegah adanya serangan beruang dengan terobosan inovatif yakni memasang robot serigala.

Pemerintah setempat akhirnya menggandeng perusahaan teknologi, Ohta Seiki, untuk membuat robot serigala.

Baca juga: Beruang Ini Jadi Model Paling Laris di Rusia

Ohta Seiki sendiri adalah perusahaan teknologi yang sudah membuat sekitar 70 robot sejak 2018.

Serangan yang meningkat dari beruang itu sendiri diperkirakan para ahli karena para beruang itu kekurangan biji pohon ek di hutan-hutan habitat mereka.

Biji pohon ek merupakan bagian dari makanan para beruang sebelu mereka berhibernasi pada musim dingin.

Para ahli juga berpendapat bahwa dengan meluasnya dan berkembangnya area perkotaan, habitat para beruang akan semakin menyempit dan mereka akan semakin kesulitan mencari makanan.

Baca juga: Pawang Kebun Binatang Tewas Dimakan Kawanan Beruang di Depan Pengunjung

Akibatnya, kontak antara beruang dengan manusia akan semakin sering dan intensitas serangan beruang juga akan semakin meningkat.

Di sisi lain, sejak Monster Wolf dipasang, belum ada laporan serangan beruang atau pun penampakan beruang di sekitar wilayahTakikawa.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X