Birukan Georgia, Joe Biden Menangi Pilpres AS dengan 306 Electoral Votes

Kompas.com - 14/11/2020, 11:20 WIB
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan pidato di Wilmington, Delaware, Rabu (10/11/2020) AFP via GETTY IMAGES/ANGELA WEISSPresiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan pidato di Wilmington, Delaware, Rabu (10/11/2020)

ATLANTA, KOMPAS.com – Setelah 10 hari, hasil akhir Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) akhirnya ketahuan.

Joe Biden yang terpilih sebagai presiden baru AS pekan lalu resmi menang dengan total 306 electoral votes atau suara elektoral.

Angka ini dipastikan setelah Biden dinyatakan sebagai pemenang di negara bagian Georgia, Jumat (13/11/2020) siang, oleh The New York Times, CNN, Politico, ABC, dan stasiun televisi lainnya.

Presiden petahana Donald Trump harus menelan pil pahit kekalahan setelah dia hanya mampu meraih 232 electoral votes.

Kedua capres sama-sama unggul di 25 negara bagian. Penghitungan popular vote terakhir menunjukkan Biden meraup 78 juta suara atau sekitar 50,8 persen. Angka ini adalah raihan suara nasional terbesar dalam sejarah Pilpres AS.

Sementara itu, Trump dipilih oleh 72,8 juta warga AS atau 47,4 persen.

Angka electoral votes ini sama dengan hasil pilpres 2016. Namun, ketika itu Trump-lah yang memenangi 306 electoral votes.

Baca juga: Joe Biden Menang Pilpres AS, Akankah Para Pemimpin Teluk Arab Hadapi Kenyataan Baru?

Biden Birukan Rust Belt, Sun Belt, dan Distrik Kongresional

Peta kemenangan Electoral College Joe Biden yang berhasil meraup 306 electoral votes pada pilpres AS 2020The New York Times Peta kemenangan Electoral College Joe Biden yang berhasil meraup 306 electoral votes pada pilpres AS 2020

Biden berhasil membirukan total 5 swing states dan 1 distrik kongresional dari tangan Trump. Warna biru seperti diketahui adalah warna yang identik dengan Partai Demokrat AS.

Negara-negara bagian itu di antaranya adalah trio Pennsylvania, Wisconsin, dan Michigan yang tersebar di daerah industrial Rust Belt.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X