Pesan Merpati Pos Tentara Jerman Era Perang Dunia I Ditemukan Setelah 110 Tahun

Kompas.com - 12/11/2020, 14:16 WIB

ALSACE, KOMPAS.com - Sepasang suami-istri di Perancis timur menemukan benda tak terduga ketika tengah berjalan-jalan. Mereka menemukan pesan dari merpati pos yang hilang lebih dari 110 tahun lalu.

Pesan itu dikirim oleh seorang tentara Jerman lebih dari seabad lalu, menggunakan seekor merpati pos yang bernasib buruk.

Pesan dari seorang prajurit infanteri itu menuliskan dia berbasis di Ingersheim, ditulis dalam bahasa Jerman dengan tulisan tangan yang nyaris tidak dapat dibaca.

Baca juga: Penyakit Lawas Zaman Perang Dunia I Muncul Lagi di Amerika Serikat

Melansir AFP, pesan itu dialamatkan kepada perwira atasan, menurut Dominique Jardy, kurator Museum Linge di Orbey, Perancis timur.

Pesan itu diperkirakan terjadi pada tahun 1910 atau mungkin bisa jadi 1916. Saat itu, Ingersheim, kini menjadi departemen Grand Est Perancis merupakan bagian dari Jerman.

Sepasang suami-istri bernama Juliette dan Jardy Halaoui itu menemukan pesan dari tentara Prusia dalam kapsul kecil pada September kemarin di sebuah ladang di Ingersheim, Alsace, Perancis.

Baca juga: Bunker Sonnenberg. Persiapan Swiss dari Perang Dunia 3

"Ketika benda ini dijelaskan kepada saya, saya sangat bersemangat seperti orang gila. Ini pertama kalinya saya melihat sesuatu seperti ini dalam 40 tahun [bekerja]," kata Jardy kepada situs berita DNA Perancis.

Pesan itu telah dibawa ke Museum Linge, di Orbey, museum yang didedikasikan untuk salah satu pertempuran paling berdarah Perang Dunia I, dari tahun 1914 sampai 1918.

Jardy meminta bantuan seorang teman dari Jerman untuk menjelaskan isi pesan itu. Pesan itu sendiri ditulis di atas sepotong kertas kalkir dan dimasukkan ke dalam kapsul yang diikat pada kaki burung merpati. 

Pesan itu diperkirakan berisi tentang latihan militer tentara Jerman saat Perang Dunia I.

Baca juga: Sejarah Perang Dunia I (1914-1918)

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.