Ibu dari Remaja Perancis-Irlandia yang Hilang, Kritik Polisi Malaysia Saat Pemeriksaan

Kompas.com - 11/11/2020, 18:10 WIB
Ilustrasi jenazah BBCIlustrasi jenazah

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Seorang ibu dari remaja yang tubuhnya ditemukan di sebuah hutan hujan perbatasan Malaysia, mengatakan saat pemeriksaan pada Rabu (11/11/2020) bahwa respons polisi Malaysia terhadap pencarian anaknya yang hilang tidak efektif.

Melansir AFP, jenazah Nora Quoirin (15) seorang remaja Perancis-Irlandia yang menderita gangguan atau kesulitan belajar ditemukan tanpa pakaian tahun lalu setelah dilakukan perburuan besar-besaran di hutan hujan Malaysia.

Pihak berwenang Malaysia bersikukuh bahwa tidak ada perbuatan jahat atas kasus tersebut namun orang tua Quoirin yakin remaja itu diculik karena tidak mungkin pergi sendirian.

Baca juga: Tak Bisa Eja Kata Polisi, Pembunuh Bocah 8 Tahun di India Tertangkap

Bersaksi atas kasus kematian anaknya, Meabh Quoirin mengatakan dirinya langsung panik setelah tahu putrinya menghilang dari resor yang mereka tinggali dengan keluarga mereka di dekat perbatasan Malaysia dengan Thailand.

"Saya semakin stres. Pikiran pertama saya adalah Nora diculik," ujar Meabh melalui video-link.

Para pegawai di Resor Dusun mulai melakukan perburuan kepada remaja yang hilang sehari setelah tiba di resor tersebut. Mereka juga melapor kepada polisi.

Pada suatu sore, seorang petugas polisi tiba di resor itu dengan seekor anjing yang dianggap Meabh sudah sangat tua.

Baca juga: Diduga Perkosa Seorang Pria, Eks Wakil Wali Kota Paris Diperiksa Polisi

Meabh mengatakan juga bahwa polisi wanita yang dikirim untuk mewawancarainya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang kurang memadai dan pihak berwenang tidak ingin melanjutkan pencarian setelah hari gelap meski akhirnya mereka berubah pikiran dan setuju.

Perburuan telah dilakukan berhari-hari dengan tim pencarian yang ditambah sampai ratusan orang. 

Namun, Meabh menjadi khawatir polisi tidak menanggapi kasus ini dengan serius apalagi mengaitkan ini dengan kriminalitas.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X