Ikuti Trump, Melania Belum Undang Jill Biden dalam Tradisi Jamuan Minum Teh untuk Transisi Jabatan

Kompas.com - 11/11/2020, 12:10 WIB
Jill Biden (kiri) dan Melania Trump (kanan). GETTY IMAGES/ALEX WONG & AFP/GETTY IMAGES/GABRIELLA AUDI via DW INDONESIAJill Biden (kiri) dan Melania Trump (kanan).

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Ibu negara, Melania Trump, belum juga menghubungi Jill Biden, istri presiden terpilih AS, Joe Biden, untuk tradisi jamuan minum teh sebagai masa transisi kepresidenan.

Sumber yang dekat dengan Melania mengatakan kepada CNN pada Selasa (10/11/2020), bahwa ia masih mengikuti kehendak suaminya yang tidak mau mengakui kekalahannya dalam pilpres, seperti yang dilansir dari CNN pada Rabu (11/11/2020).

Pada 4 tahun lalu, Melania minum teh di Gedung Putih dan tur di kediaman eksekutif, atas undangan Michelle Obama.

Namun kali ini, belum ada pergerakan menuju transisi baik di Sayap Timur, kantor kepresidenan dan kediaman eksekutif presiden.

Sebaliknya, sumber lain yang mengetahui jadwal harian Melania Trump mengatakan sangat sedikit perubahan yang terjadi, dan sebagian besar jadwal masih fokus di kantor ibu negara, untuk pertemuan harian.

Baca juga: Masih Tolak Hasil Pilpres AS, Trump Salahkan Produsen Vaksin

"Menurut pemahaman saya, urusan seperti biasa di East Wing," kata sumber itu.

Sumber tersebut mengatakan bahwa meskipun Melania Trump ingin memulai proses transisi, ibu negara tersebut masih terkendala oleh penolakan tak berdasar oleh Presiden Donald Trump.

"Saya tidak yakin adil bagi siapa pun untuk mengharapkan mereka memulai transisi, ketika presiden (Trump) belum mengakui," kata sumber itu.

Anita McBride, yang menjabat sebagai kepala staf Laura Bush, yang mencatat bahwa Melania Trump kadang-kadang bertindak atau mengungkapkan pendapat yang berbeda dari suaminya.

"Momen ini lebih rumit. Tindakannya jika belum diakui oleh presiden Trump dapat berarti melawan presiden dan pemerintahnya," ujar McBride.

Halaman:

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X