Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilpres AS: Jelang Penentuan Presiden dan Rangkuman Kisahnya

Kompas.com - 07/11/2020, 12:47 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Joe Biden unggul 4,1 juta suara dibandingkan Donald Trump dari 147 juta suara secara nasional, yang memecahkan rekor di pemilihan presiden AS, pada Jumat (6/11/2020) menurut laporan Reuters.

Politisi berusia 77 tahun itu berpidato menyuarakan optimismenya menang dalam kontestasi pilpres AS 2020, meski penghitungan suara belum selesai dan jaringan-jaringan televisi AS belum merilis hasilnya.

"Angka-angka itu memberitahu kami...ini cerita yang jelas dan meyakinkan. Kami akan memenangkan perlombaan ini," kata Biden, menambahkan bahwa dia dan pasangannya, Kamala Harris sudah bertemu dengan para ahli dalam persiapan menuju Gedung Putih.

Pidato Biden awalnya direncanakan sebagai perayaan kemenangan, tetapi dia mengubah rencananya karena belum ada hasil resmi dari jaringan televisi dan pengamat pemilu lainnya.

Biden mengatakan rakyat Amerika telah memberinya mandat untuk mengatasi pandemi virus corona, ekonomi yang sedang surut, perubahan iklim, dan rasisme sistemik.

"Mereka menegaskan bahwa mereka ingin negara bersatu, tidak terus berpisah," kata Biden.

Ada pun serangkaian peristiwa dan catatan penting yang mewarnai Pilpres AS tahun ini menjelang penentuan. Berikut redaksi Kompas.com merangkumnya:

Jumlah suara pecahkan rekor

Calon presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memecahkan rekor perolehan suara mantan bosnya sendiri, yaitu Barack Obama, pada 2008.

Pada 12 tahun lalu, Obama mendapat 69.498.516 suara, yang merupakan angka tertinggi sepanjang sejarah pemilu AS.

Lalu, kini pada pemilu Amerika 2020, Biden yang merupakan wakil presiden dari Obama selama dua periode sementara ini telah mendapat 70.470.207 (50,3 persen) suara dan masih akan terus bertambah.

Diberitakan CBS News pada Rabu (4/11/2020), Biden mengungguli Donald Trump yang baru mengumpulkan 67.280.936 suara (48,0 persen).

Persaingan menuju Gedung Putih di pilpres AS kian sengit, bergantung pada negara bagian mana saja yang dimenangi masing-masing kandidat.

Dengan jutaan suara yang belum dihitung, ada kemungkinan kedua capres sama-sama memecahkan rekor suara Obama yang saat itu berhadapan dengan Senator John McCain.

Baca juga: Pilpres AS dalam Sorotan Media Dunia: Kacau, Gila, Sekaligus Menghibur

Tempel ketat di medan tempur utama

Kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden mulai menempel ketat petahana Donald Trump di Georgia yang merupakan "medan tempur" utama.

Berdasarkan hasil perhitungan sementara, Biden mampu mendapatkan perolehan suara dengan selisih 31.000 dalam waktu 24 jam, yang sebelumnya 372.000 suara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com