Pilpres AS 2020: Biden Memperbesar Peluang dari Georgia, Trump Berang

Kompas.com - 06/11/2020, 20:43 WIB
Tangkap layar posisi suara Georgia hingga Jumat (6/11/2020) pukul 20.17 WIB KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANITangkap layar posisi suara Georgia hingga Jumat (6/11/2020) pukul 20.17 WIB

KOMPAS.com—Perhitungan suara di Nevada untuk popular vote Pemilu Presiden Amerika Serikat ( Pilpres AS) 2020 masih mandek di 84 persen. Perubahan arah angin malah sudah terpantau lebih dulu di Georgia.

Dengan keunggulan 264 poin electoral vote hingga Jumat (6/11/2020) pukul 20.00 WIB, Joe Biden cukup memastikan keunggulan di Nevada untuk memboyong diri ke Gedung Putih dengan 270 poin. 

Sebelumnya, dari empat negara bagian penentu kemenangan di Pilpres AS yang masih berjalan proses perhitungan suaranya, Biden hanya memimpin perolehan suara sementara di Nevada. Adapun Pennsylvania, Carolina Utara, dan Georgia, Donald Trump memimpin. 

Baca juga: Hasil Pilpres AS 2020: Biden Tinggal Tunggu Nevada dan Bersabar, Trump Masih Harus Banyak Cemas

Berkebalikan dengan Biden, Trump harus menyapu bersih kemenangan di empat negara bagian tersebut plus Alaska untuk bisa memperpanjang masa jabatan ke periode kedua.

Yang terjadi, arah angin justru berbalik di Georgia, saat cakupan suara yang dihitung sudah 99 persen hasil popular vote. Pada pantauan Jumat pukul 18.00 WIB—dan belum berubah lagi sampai pukul 20.00 WIB—Biden berbalik mengungguli laju perhitungan di Georgia.

Sejak Jumat siang WIB, setidaknya, baik Trump maupun Biden sama-sama mengantungi 49,4 persen suara popular vote di Georgia. Bedanya ada pada detail hingga ke satuan jumlah pemilih, saat itu Trump mendapat 2.500-an pemilih lebih banyak.

Pada pantauan pukul 18.00 WIB, situasi itu berubah, Biden memimpin dengan keunggulan dengan tak sampai seribu pemilih lebih banyak.

Sekalipun persentase mereka masih tetap sama 49,4 persen, Biden dipilih oleh 2.449.371 pemilih dan Trump 2.448.454 orang dalam pantauan live tracking Associated Press hingga saat tulisan ini tayang.

Simak juga: Peta dan data interaktif Hasil Pilpres AS 2020

Bila Biden dapat menjaga keunggulan di Georgia, bahkan Nevada pun tak perlu lagi dia nanti seperti halnya hasil di negara bagian lain, untuk memenangi Pilpres AS. Angka kemenangan pun akan langsung melejit jadi 280.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X