[Biografi Tokoh Dunia] Marie Curie, Ilmuwan Wanita Penemu Radioaktivitas, Polonium dan Radium

Kompas.com - 06/11/2020, 16:51 WIB
Marie Curie bekerja di laboratoriumnya di Universitas Paris pada 1925. Historia/REX/Shutterstock.com via BritannicaMarie Curie bekerja di laboratoriumnya di Universitas Paris pada 1925.

KOMPAS.com - Wanita kelahiran Warsawa, Polandia pada 7 November 1867 yang bernama Marie Curie, adalah penemu radioaktivitas, polonium dan radium serta pengembang sinar-X.

Marie Curie adalah wanita pertama yang memenangkan Hadiah Nobel di bidang fisika. Kemudian menjadi memenangkan nobel lagi dalam bidang kimia.

Marie memiliki nama lahir Maria Sklodowska, tapi dikenal dengan nama Marie Curie setelah menikah dengan Pierre Curie.

Curie adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Kakak-kakaknya yaitu Zosia, Józef, Bronya dan Hela.

Kecerdasan Marie di bidang sains mengikuti jejak ayahnya, Wladyslaw, yang seorang guru matematik dan fisika, seperti yang dilansir dari Biography pada 24 Februari 2020. 

Ibu Marie, Bronislawa, diketahui juga seorang guru, tapi meninggal karena tuberkulosis saat usianya masih sangat muda, yaitu 10 tahun.

Marie memiliki pemikiran yang cerdas dan ingin tahu serta unggul di sekolah, tapi dia tidak dapat melanjutkan pendidikan ke niversitas Warsawa karena khusus pria.

Baca juga: [Biografi Tokoh Dunia] Marco van Basten, Durasi Singkat Si Mesin Gol Dahsyat

Dia melanjutkan pendidikannya di kelas informal bawah tanah yang diadakan secara rahasia.

Marie dan saudara perempuannya, Bronya, bermimpi pergi ke luar negeri untuk mendapatkan gelar resmi, tetapi mereka kekurangan biaya.

Curie membuat kesepakatan dengan saudaranya. Dia akan bekerja untuk mendukung Bronya saat dia di sekolah, dan giliran Bronya akan bekerja untuk mmebiayai sekolah Marie, setelah dia menyelesaikan studinya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X