[Biografi Tokoh Dunia] Kim Yo Jong, Adik Kim Jong Un yang Jabatannya Terus Menanjak

Kompas.com - 30/10/2020, 10:00 WIB
Kim Yo Jong adik perempuan Kim Jong Un, saat menghadiri upacara peletakan karangan bunga di Ho Chi Minh Mausoleum di Hanoi, Vietnam, pada 2 Maret 2019. Jorge Silva/REUTERSKim Yo Jong adik perempuan Kim Jong Un, saat menghadiri upacara peletakan karangan bunga di Ho Chi Minh Mausoleum di Hanoi, Vietnam, pada 2 Maret 2019.

KOMPAS.com – Kim Yo Jong adalah adik perempuan dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Dia bergabung dengan Partai Buruh Korea pada 2007, dan menjabat sebagai sekretaris untuk ayahnya, Kim Jong Il, hingga 2011.

Pangkat Kim Yo Jong di partai terus menanjak di bawah pemerintahan kakaknya hingga menjabat posisi penting di jajaran politbiro Partai Buruh Korea.

Dia membuat penampilan publiknya yang pertama dalam Olimpiade Musim Dingin 2018 dan bergabung dengan kakaknya untuk pembicaraan denuklirisasi dengan Presiden AS Donald Trump.

Baca juga: Biografi Lee Kun-hee, Bos Samsung Perombak Perusahaan Warisan Ayahnya

Awal Hidup

Kim Yo Jong lahir pada 26 September 1987. Dia menghabiskan tahun-tahun awalnya di kediaman ibunya di Bukit Ch'angkwang, Pyongyang, bersama dua kakak laki-lakinya.

Menurut koki keluarga Kenji Fujimoto, keluarga tersebut akan merayakan ulang tahunnya di rumah lain di Wonsan.

Pada 1996, Kim Yo Jong dikirim ke Swiss untuk melanjutkan pendidikannya.

Dia mulai bersekolah di sekolah umum Liebefeld Hessgut dan kemudian bergabung dengan Kim Jong Un di sekolah umum Liebefeld-Steinholzli.

Baik Kim Yo Jong dan Kim Jong Un, keduanya terdaftar dengan nama samaran.

Baca juga: [Biografi Tokoh Dunia] Pablo Picasso Anak Seniman yang Diyakini Ibunya menjadi Orang Hebat

Meski mereka tinggal bersama seorang bibi dan paman dan dilayani oleh staf pengurus rumah tangga sekaligus pengawal, keduanya dilaporkan mengalami pengalaman terisolasi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X