Perwira Senior Angkatan Antariksa AS positif Covid-19

Kompas.com - 29/10/2020, 22:45 WIB
Personel militer AS dari Pasukan Divisi Lintas Udara 101. Staff Sgt. Gustavo Gonzalez / US AIR FORCE / AFPPersonel militer AS dari Pasukan Divisi Lintas Udara 101.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seorang perwira senior di Angkatan Antariksa Amerika Serikat ( AS) dinyatakan positif terinfeksi Covid-19, menurut laporan pihak Angkatan Udara AS dalam pernyataannya pada Rabu (28/10/2020).

"Jenderal David D. Thompson, Wakil Kepala Operasi Antariksa, teruji positif Covid-19 hari ini," kata pihak Angkatan Udara AS yang dilansir dari Xinhua News pada Kamis (29/10/2020).

Baca juga: Pemerintah Jepang Godok RUU Vaksin Virus Corona Gratis

"Dia menjalani tes hari ini setelah mengetahui bahwa seorang kerabat dekat, yang melakukan kontak dengannya, positif terinfeksi virus tersebut," lanjutnya.

"Sesuai kebijakan Covid-19 yang berlaku, Jenderal Thompson melakukan karantina mandiri dan bekerja dari rumah," imbuhnya. 

Baca juga: Bantah Menyerah Hadapi Corona, Trump: Kita di Tikungan

Pernyataan itu menyebutkan bahwa Angkatan Antariksa "tetap siap beroperasi untuk menjawab panggilan Negara."

Infeksi virus corona yang dialami Thompson terjadi setelah Wakil Komandan Penjaga Pantai AS, Laksamana Charles Ray, didiagnosis terjangkit Covid-19 pada awal bulan ini.

Baca juga: Kasus Virus Corona Meningkat Lagi, Spanyol Kembali Umumkan Keadaan Darurat

Beberapa pejabat militer senior, termasuk Ketua Kepala Staf Gabungan Mark Milley, juga harus dikarantina karena melakukan kontak dekat dengan Ray.

Angkatan Antariksa merupakan cabang angkatan bersenjata AS yang baru dibentuk di bawah Departemen Angkatan Udara.

Baca juga: Klaster Virus Corona Gedung Putih Bertambah, Ajudan Wapres AS Positif Covid-19

Menurut introduksi dari Departemen Pertahanan, Angkatan Antariksa ini untuk mengatur, melatih, melengkapi, dan mempertahankan kesiapan pasukan antariksa dalam menjalankan misi untuk memberikan peringatan rudal, serta kesadaran domain ruang angkasa. 

Selain itu, juga untuk memberikan informasi posisi, navigasi dan waktu, komunikasi, serta perang elektronik ruang angkasa.

Baca juga: Virus Corona Makin Parah di AS, Naik Hampir 100.000 Kasus dalam 24 Jam


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X