Dengan 100.000 Kasus per Hari, Begini Cara India Lakukan Tes Covid-19

Kompas.com - 29/10/2020, 22:21 WIB
Di India korban meninggal karena virus corona sudah mencapai 120.000 orang. AP/MANISH SWARUP via ABC INDONESIADi India korban meninggal karena virus corona sudah mencapai 120.000 orang.

NEW DELHI, KOMPAS.com - Virolog atau pakar virus Prasad Deshpande bekerja di salah satu laboratorium pengetesan Covid-19 di India.

Setiap harinya dia mengawasi proses sampel di saat India masih berusaha memerangi pandemi, dengan kasus pernah mencapai 100.000 per hari.

Ketika situasi berkenaan dengan corona mulai meningkat di India, hanya ada beberapa institusi di seluruh negeri yang bisa melakukan tes Covid-19.

Baca juga: 1 Juta Pasien Covid-19 India Sembuh dalam 13 Hari

Mereka sudah melakukan tes ribuan sampel setiap hari namun ini masih belum mencukupi untuk bisa menangani kasus yang meningkat dari hari ke hari.

Virolog Prasad Deshpande harus memeriksa ratusan sampel tes corona setiap hari di Pune, India.DOK PRASAD DESHPANDE via ABC INDONESIA Virolog Prasad Deshpande harus memeriksa ratusan sampel tes corona setiap hari di Pune, India.
Karena itu diperlukan pusat pengetesan baru, namun tidak ada infrastruktur dan orang-orang yang terlatih untuk melakukannya.

Saya sebelumnya bekerja di bidang TBC dan HIV di laboratorium saya di Pune, tidak jauh dari Mumbai.

Saya utamanya melakukan penelitian mengenai mengapa beberapa orang lebih cepat bergerak ke AIDS dari HIV.

Pemerintah mendekati saya meminta laboratorium saya juga melakukan tes karena kami sudah memiliki beberapa infrastruktur.

Prosesnya tidaklah semua seperti pengetesan lain. Diperlukan pelatihan selama beberapa tahun, namun kami hanya punya waktu dua hari sebelum mulai bekerja.

Kami memulai dengan melakukan pengetesan terhadap 100 orang sehari.

Baca juga: Kontroversi Kartun Nabi Muhammad di Perancis, Tagar #IStandWithFrance Viral di India

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X