Najib Razak Galang Dukungan agar Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia

Kompas.com - 27/10/2020, 17:00 WIB
Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak tiba di kompleks pengadilan Duta di Kuala Lumpur, pada Rabu (4/7/2018). (AFP/Mohd Rasfan) Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak tiba di kompleks pengadilan Duta di Kuala Lumpur, pada Rabu (4/7/2018). (AFP/Mohd Rasfan)

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dilaporkan menggalang dukungan supaya memuluskan langkah Anwar Ibrahim.

Anwar merupakan salah satu tokoh kunci yang mengalahkan Najib dan koalisi Barisan Nasional dalam pemilu "Negeri Jiran" dua tahun lalu.

Sejak kekalahan itu, Najib kemudian diselidiki atas skandal korupsi 1MDB, di mana dia dijatuhi hukuman 12 tahun penjara, sebelum diizinkan bebas dengan jaminan.

Baca juga: Najib Razak Bohong soal Dana Kiriman Raja Arab ke 1MDB, Ini Buktinya

Manuver yang dilakuan Najib Razak kepada Anwar Ibrahim bisa memberikan ancaman bagi PM Malaysia saat ini, Muhyiddin Yassin.

Sebabnya, saat ini Muhyiddin tengah mendapat desakan baik dari oposisi maupun koalisi Perikatan Nasional untuk mengundurkan diri.

Desakan itu muncul setelah upaya Muhyiddin menerapkan darurat negara guna mencegah virus corona ditolak Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah.

Muhyiddin Yassin saat ini hanya unggul dua kursi di parlemen. Jadi jika ada manuver sedikit saja, dia bakal kehilangan status mayoritas.

Najib merespons laporan penggalangan dukungan itu dengan memberikan instruksi kepada partainya, Organisasai Nasional Melayu Bersatu ( UMNO).

Dalam instruksinya, UMNO harus bisa mengedepankan agenda pemilu dini jika wabah virus corona berhasil teratasi di "Negeri Jiran".

Baca juga: Dituduh Sodomi, Anwar Ibrahim Kembali Diperiksa Polisi

Jika idenya ditolak oleh koalisi yang berkuasa, maka UMNO harus siap bekerja sama dengan Partai Keadilan Rakyat (PKR) milik Anwar dalam kondisi tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X