Israel Mulai Uji Coba Kandidat Vaksin Covid-19 terhadap Manusia

Kompas.com - 26/10/2020, 10:16 WIB
Ilustrasi vaksin corona SHUTTERSTOCK/Orpheus FXIlustrasi vaksin corona

YERUSALEM, KOMPAS.com – Israel akan memulai uji coba kandidat vaksin Covid-19 potensial terhadap manusia pada 1 November.

Vaksin tersebut dikembangkan oleh institusi penelitian yang diawasi oleh Kementerian Pertahanan Israel, Israel Institute for Biological Research (IIBR), sebagaimana dilansir Reuters, Senin (26/10/2020).

Uji coba terhadap manusia tersebut akan dilaksanakan setelah kandidat vaksin Covid-19 tersebut disetujui oleh lembaga yang berwenang untuk meregulasinya.

Kandidat vaksin Covid-19 tersebut diberi nama BriLife. IIBR melaporkan telah memulai uji coba vaksin terhadap hewan pada Maret.

Baca juga: Penggunaan 2 Vaksin Influenza di Singapura Dihentikan, Ini Sebabnya

Kementerian Kesehatan Israel dan komite pengawas kini telah memberikan lampu hijau untuk menguji coba BriLife ke tahap selanjutnya.

Sebanyak 80 sukarelawan dengan rentang usia 18 hingga 55 tahun akan mengikuti uji coba tersebut.

Mereka akan diawasi selama tiga pekan setelah disuntik kandidat vaksin virus corona tersebut untuk melihat perkembangan anti-bodi virus.

Kementerian Kesehatan Israel mengatakan uji coba tahap kedua diharapkan akan dimulai pada Desember dengan melibatkan 960 sukarelawan yang berusia 18 tahun ke atas.

Baca juga: AstraZeneca Akan Lanjutkan Uji Coba Vaksin Covid-19 di AS

Jika uji coba tahap kedua berhasil, vaksin tersebut akan langsung diuji coba tahap ketiga.

Pada uji coba tahap ketiga akan melibatkan sekitar 30.000 orang yang akan dijadwalkan pada April jika tidak Mei.

Kementerian Kesehatan Israel menambahkan, vaksin tersebut telah teruji secara baik terhadap sejumlah hewan.

“Tujuan akhir kami adalah 15 juta (dosis vaksin), jatah untuk rakyat Israel dan untuk tetangga dekat kami,” kata Direktur IIBR Shmuel Shapira.

Baca juga: Seorang Mahasiswa Rela Disuntik Vaksin Covid-19 Eksperimental dan Bayar Rp 902.555

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X