Kapal Tanker Dilaporkan Dibajak di Selat Inggris, Militer Turun Tangan

Kompas.com - 26/10/2020, 09:33 WIB
Ilustrasi kapal tanker. SHUTTERSTOCKIlustrasi kapal tanker.

KOMPAS.com – Sebuah kapal tanker minyak yang dioperasikan oleh Yunani dilaporkan berusaha dibajak di lepas pantai Isle of Wight di Selat Inggris.

Beruntung, unit pasukan khusus Angkatan Laut Inggris langsung menetralkan upaya pembajakan yang dilakukan oleh beberapa penumpang gelap tersebut.

Dilansir dari RT, Minggu (25/10/2020), sebanyak tujuh orang telah berhasil ditahan akibat insiden tersebut.

Kementerian Pertahanan Inggris, pada Minggu malam, mengonfirmasi bahwa personel tentara Inggris telah berhasil “menguasai kapal” itu.

Baca juga: China Segera Miliki Kapal Induk Ketiga, Jauh Lebih Canggih dan Besar

Sebelumnya, polisi dan penjaga pantai Inggris telah dikerahkan untuk mengatasi “insiden” kapal tanker yang hendak menuju pelabuhan di Southampton, Inggris tersebut.

Kapal itu mulanya dilaporkan meninggalkan pelabuhan Nigeria di Lagos awal bulan ini. Namun kapal tersebut tidak mencapai tujuan tepat waktu.

Beberapa saat kemudian, kapal tanker minyak itu mengirim sinyal bahaya saat berlayar melewati Isle of Wight.

Media Inggris melaporkan bahwa beberapa penumpang gelap, mungkin kemungkinan dari Nigeria, ditemukan "berlindung di lokasi-lokasi tertentu di kapal”.

Baca juga: Turki Bakal Kirim Kapal Penelitian Lagi ke Mediterania Timur, Yunani Marah

Polisi kemudian mengonfirmasi bahwa penumpang gelap "membuat ancaman lisan kepada awak kapal” yang memicu kekhawatiran tentang keselamatan pelaut.

Beberapa laporan menyebutkan para penumpang gelap mencoba membajak kapal. Namun laopran tersebut segera dibantah oleh pengacara pemilik kapal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X