Muncul 137 Kasus Baru Covid-19, China Langsung Tes 4,75 Juta Warga Xinjiang

Kompas.com - 26/10/2020, 08:40 WIB
Ilustrasi tes virus corona SHUTTERSTOCKIlustrasi tes virus corona

BEIJING, KOMPAS.com - China pada Sabtu malam (24/10/2020) mulai menguji 4,75 juta warga di dan sekitar Kashgar, provinsi Xinjiang, setelah seorang pekerja pabrik garmen berusia 17 tahun dinyatakan positif terkena virus corona.

Wilayah di ujung barat laut negara itu mencatatkan 137 kasus baru infeksi Covid-19.

China sebagian besar berhasil mengendalikan penularan lokal melalui lockdown, pembatasan perjalanan, dan pengujian, tetapi wabah regional terus muncul secara sporadis.

Baca juga: Korea Utara Sebut Debu Kuning dari China Bawa Virus Corona, Imbau Rakyatnya Tinggal di Rumah

Kasus-kasus baru - semuanya tanpa gejala - dikaitkan dengan sebuah pabrik di daerah Shufu, tempat gadis itu dan orangtuanya bekerja, kata Komisi Kesehatan Xinjiang pada jumpa pers Minggu (25/10/2020).

Sebuah tim khusus dari Komisi Kesehatan Nasional Beijing juga dikirim untuk menyelidiki sumber wabah dan membantu langkah-langkah pencegahan, lapor tv pemerintah CCTV.

Sampai Minggu sore lebih dari 2,8 juta sampel sudah terkumpul dari wilayah itu dan sisanya akan selesai dalam dua hari, kata pemerintah kota dalam pernyataan yang dikutip AFP.

Baca juga: Bicarakan Perubahan Iklim, Trump Sebut Udara di India dan China Jorok

Halaman:
Baca tentang

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X