PM Bulgaria Positif Covid-19, Tambah Daftar Kepala Negara yang Terinfeksi

Kompas.com - 26/10/2020, 06:49 WIB
Foto arsip tertanggal 24 April 2018 menunjukkan PM Bulgaria Boiko Borisov berpidato dalam konferensi pers di Victoria Palace, Bukares, Bulgaria. AFP/DANIEL MIHAILESCUFoto arsip tertanggal 24 April 2018 menunjukkan PM Bulgaria Boiko Borisov berpidato dalam konferensi pers di Victoria Palace, Bukares, Bulgaria.

SOFIA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Bulgaria Boiko Borisov pada Minggu (25/10/2020) dinyatakan positif virus corona, menambah panjang daftar kepala negara yang tertular Covid-19.

"Setelah dua tes PCR mulai hari ini saya positif Covid-19," kata dia di laman Facebook-nya, menambahkan bahwa dirinya memiliki gejala ringan dan akan melakukan karantina di rumah.

Borisov (61) mengisolasi diri pada Jumat malam (23/10/2020), ketika Wakil Menteri Pembangunan Daerah yang berkontak dengannya lima hari sebelumnya, positif corona.

Baca juga: Klaster Virus Corona Gedung Putih Bertambah, Ajudan Wapres AS Positif Covid-19

Inspektorat kesehatan regional Sofia sebenarnya telah mencabut karantina PM pada Sabtu (24/10/2020) setelah dua tes PCR negatif.

Tes pertama pada Jumat pagi sebelum Borisov bertemu wakil menteri AS Keith Krach, dan yang kedua keesokan harinya.

Akan tetapi Borisov mengatakan, dia tetap mengisolasi diri dan menunda semua rapat serta penampilan publiknya. Lalu kemarin dia dinyatakan positif virus corona.

Baca juga: Pengawalnya Positif Covid-19, Raja Thailand Dilarikan ke Rumah Sakit

Sementara itu Presiden Bulgaria Rumen Radev harus mempersingkat kunjungan ke Estonia awal pekan ini, setelah berkontak dengan Mayor Jenderal Angkatan Udara yang kemudian dinyatakan positif. Namun dia kini kembali bertugas setelah dua tes PCR negatif.

Bulgaria, negara berpenduduk di bawah 7 juta orang, berhasil melewati gelombang pertama virus corona dengan relatif baik.

Meski begitu jumlah kasus dan rawat inapnya melonjak dalam beberapa pekan terakhir, mencapai total lebih dari 37.500 kasus dan 1.084 kematian pada Minggu (25/20/2020).

Baca juga: Seorang Wanita Telantarkan Bayi 4 Bulan Positif Covid-19

Kamis pekan lalu pemerintah mewajibkan masker di luar ruangan yang banyak orang, di samping kewajiban memakai masker untuk semua orang di area publik dan transportasi.

Positifnya PM Bulgaria ini menambah panjang daftar kepala negara yang terinfeksi virus corona. Sebelumnya ada Presiden Brasil Jair Bolsonaro, Presiden AS Donald Trump, dan belum lama ini Presiden Polandia Andrzej Duda.

Baca juga: Polandia Zona Merah Covid-19, Presidennya Positif Corona

Baca tentang

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X