Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaster Virus Corona Gedung Putih Bertambah, Ajudan Wapres AS Positif Covid-19

Kompas.com - 25/10/2020, 20:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kepala staf Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence dinyatakan positif Covid-19 pada Sabtu (24/10/2020), kata seorang juru bicara.

Positifnya ajudan bernama Marc Short itu menambah panjang daftar klaster virus corona Gedung Putih, termasuk Presiden AS Donald Trump yang sempat dinyatakan positif.

Marc Short kini telah memulai karantinanya dan membantu proses penelusuran kontak, ucap juru bicara Mike Pence, Devin O'Malley dalam pernyataan yang dikutip AFP.

Baca juga: Mereka yang Tersakiti oleh Ucapan Trump Kirim Surat Terbuka ke Gedung Putih

"Wakil Presiden Pence dan Nyonya Pence keduanya dinyatakan negatif Covid-19 hari ini, dan tetap dalam keadaan sehat," tambahnya.

Pence yang ikut berkampanye jelang pemilihan presiden 3 November, tidak mengubah jadwalnya setelah berkonsultasi dengan dokter Gedung Putih, lanjut O'Malley.

Wabah virus corona makin parah di "Negeri Paman Sam", dengan mencatatkan penambahan kasus tertinggi dalam 24 jam pada Sabtu yakni hampir 89.000 kasus baru.

Baca juga: Virus Corona Makin Parah di AS, Naik Hampir 100.000 Kasus dalam 24 Jam

Sementara itu jumlah kematian akibat Covid-19 di AS terhitung lebih dari 224.000, terbanyak di dunia.

Klaster virus corona Gedung Putih diisi sejumlah pejabat tinggi. Selain Trump, ada Sekretaris Pers Wapres AS Katie Miller, Penasihat Keamanan Nasional Robert O'Brien, eks Direktur Komunikasi Gedung Putih Hope Hicks, dan ajudan pribadi presiden Trump.

Trump berulang kali memandang remeh virus corona, dan lebih menekankan pembukaan kembali bisnis sehingga ekonomi dapat pulih.

Capres Joe Biden dari Partai Dmeokrat yang menjadi lawannya di pilpres AS 2020, berulang kali mengkritik penanganan wabah dari presiden ke-45 AS tersebut.

Baca juga: 11 Orang Klaster Virus Corona Circle Trump, Mayoritas Tertular di Gedung Putih

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com