[Cerita Dunia] Ketika Concorde Mengucap Sampai Jumpa pada Angkasa

Kompas.com - 23/10/2020, 16:04 WIB
Concorde, pesawat komersial tercepat di masanya karena sanggup menerbangi jarak New York-London hanya dalam waktu 3,5 jam. WikipediaConcorde, pesawat komersial tercepat di masanya karena sanggup menerbangi jarak New York-London hanya dalam waktu 3,5 jam.

LONDON, KOMPAS.com - Pada 24 Oktober 2003, jet supersonik Concorde melakukan penerbangan terakhirnya dan mengucap salam sampai jumpa ke langit tempatnya mengudara.

Salah satu penerbangan terakhir Concorde dilakukan dengan rute Bandara Internasional John F Kennedy, New York, Amerika Serikat (AS) menuju Bandara Heathrow di London, Inggris.

Pesawat jet yang melaju dua kali lebih cepat dari kecepatan suara ini mengangkut 100 penumpang. Di dalamnya ada aktris Joan Collins, model Christie Brinkley, dan pasangan dari Ohio yang dilaporkan membayar 60.000 dollar AS di eBay untuk dua tiket.

Baca juga: Selain Concorde, Ini 5 Pesawat Supersonik yang Pernah Dikembangkan

Harga itu meningkat drastis dari ongkos pulang pergi trans-Atlantik yang biasanya berkisar 9.000 dollar AS.

Dilansir dari History, kerumunan besar penonton menyambut kedatangan pesawat super kencang itu di London, yang bertepatan dengan dua penerbangan Concorde terakhir lainnya dari Edinburgh dan Bay of Biscay.

Concorde yang dikembangkan bersama oleh pemerintah Inggris dan Perancis, mulai beroperasi secara komersial pada Januari 1976 setelah terbang pertama pada 2 Maret 1969.

Sebagai pencapaian besar dalam teknologi penerbangan, pesawat berbadan ramping ini dapat melahap jarak perjalanan dari New York ke London hanya dalam waktu 3,5 jam dengan kecepatan 2.172 km/jam. Waktu normal penerbangan New York-London hampir 7 jam.

Concorde menjadi simbol kecepatan dan kemewahan, tapi kehadirannya juga membawa sejumlah masalah.

Beberapa orang yang tinggal di bawah jalur penerbangannya mengeluhkan kebisingan luar biasa dari suara yang dihasilkan burung besi itu.

Baca juga: 24 Oktober 2003, Akhir dari Mimpi Pesawat Supersonik Concorde

Kemudian pada 25 Juli 2000 sebuah pesawat Concorde mengalami kecelakaan tragis, bertabrakan dengan jet Air France dari Paris yang menewaskan 113 orang.

Halaman:

Sumber BBC,History
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X