Sistem Rumah Sakit AS Melemah, Jumlah Kematian Akibat Covid-19 Tercatat 222.000

Kompas.com - 23/10/2020, 13:51 WIB
Ilustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19 SHUTTERSTOCK/FunKey FactoryIlustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Beberapa negara bagian AS, terutama dari Midwest, melaporkan rekor peningkatan infeksi Covid-19 dalam satu hari pada Kamis (22/10/2020) yang membuktikan bahwa pandemi semakin cepat menyebar karena cuaca yang lebih dingin terjadi.

Menurut analisis yang dilansir dari Reuters pada Kamis (22/10/2020), Florida melaporkan terdapat lebih dari 5.500 kasus baru, yang menjadi peningkatan tertinggi dalam satu hari sejak 15 Agustus.

Dua puluh delapan negara bagian telah melaporkan rekor tertinggi kasus harian Covid-19 mereka pada Oktober saja.

Pada Rabu, jumlah kematian akibat virus corona yang dilaporkan di seluruh negeri mencapai tertinggi dalam 2 bulan.

Peningkatan kematian cenderung mengikuti lonjakan infeksi baru selama beberapa pekan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) pada Kamis secara resmi menyetujui remdesivir obat antivirus Gilead Sciences Inc, yang telah digunakan secara luas di bawah otorisasi darurat, untuk merawat pasien inap Covid-19 di rumah sakit.

Ini adalah obat pertama yang secara resmi disetujui untuk penyakit Covid-19 di Amerika Serikat.

Baca juga: Jusuf Kalla: Penemu Obat Corona Berjasa dalam Kemanusiaan

Sejak pandemi mencapai Amerika Serikat awal tahun ini, AS telah kehilangan lebih dari 222.000 nyawa, jumlah total tertinggi di dunia serta salah satu tingkat kematian per kapita tertinggi, terutama di antara negara-negara maju.

Kebangkitan musim gugur dan prediksi mengerikan bahwa penyebaran akan semakin cepat di bulan-bulan musim dingin sekali lagi telah memberikan sorotan keras pada penanganan pandemi Covid-19 oleh Presiden Donald Trump.

Calon presiden ( capres) petahana dari Partai Republik itu melakukan agenda debat dengan penantang dari Partai Demokrat, Joe Biden, pada Kamis malam untuk terakhir kalinya sebelum pemilihan umum 3 November.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X