Mufti Damaskus Suriah Syekh Adnan Al Afyouni Tewas dalam Ledakan Bom Mobil

Kompas.com - 23/10/2020, 09:12 WIB
Syekh Adnan, ulama, mufti Damaskus Suriah tewas dalam ledakan bom yang dipasang di mobilnya. CNNSyekh Adnan, ulama, mufti Damaskus Suriah tewas dalam ledakan bom yang dipasang di mobilnya.

DAMASKUS, KOMPAS.com - Kabar duka datang dari Suriah. Syekh Muhammad Adnan Al Afyouni, Mufti Damaskus tewas terbunuh dalam ledakan bom mobil di dekat ibu kota Suriah.

Melansir CNN Arab, Syekh Adnan ditemukan tewas di kota kecil Qudsaya, dekat Damaskus pada Kamis malam (22/10/2020) waktu setempat. Kantor berita SANA melaporkan adanya 'alat peledak' yang dipasang di mobilnya.

Syekh Adnan dikenal sebagai satu dari ulama Islam paling menonjol di Suriah. Dia kerap menggelar acara keagamaan dan bersanding dengan pemerintahan Presiden Bashar Al Assad.

Baca juga: Suriah Minta Tukar Sandera dengan Keringanan Sanksi dan Penarikan Pasukan AS

Pada Milad Nabi Muhammad tahun lalu, Syekh Adnan mengungkap kecamannya terhadap terorisme dan berdoa untuk pemerintah dan tentara Suriah.

Meski Suriah telah dilanda perang dan pemberontakan selama hampir satu dekade, pembunuhan ulama Sunni itu adalah salah satu pembunuhan paling terkenal yang menimpa pemimpin agama sejak seorang pembom bunuh diri menewaskan lebih dari 2 lusin orang di sebuah masjid pada 2013 dan menewaskan Syekh Al Bouthi.

Baca juga: Presiden Suriah Assad Akui Ada Milisi Negaranya di Perang Armenia-Azerbaijan

Syekh Adnan lahir di Damaskus pada tahun 1954. Selain dikenal sebagai ulama, dia juga anggota dewan hukum fiqh di Kementerian Wakaf dan seorang mufti di daerahnya.

Dia juga pengawas umum dari Pusat Islam Internasional Al Sham yang melawan aksi dan pemikiran terorisme.

Baca juga: AS Beri Sanksi kepada Istri Presiden Suriah Bashar Assad


Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X