Virus Corona, Singapura Bersiap Masuki New Normal pada Akhir Tahun

Kompas.com - 21/10/2020, 17:33 WIB
Seorang warga pria Singapura yang memakai masker terlihat berjalan di depan toko roti DJ Bakery di Tanjong Pagar Plaza, Rabu siang (21/10/2020). Singapura dijadwalkan akan memasuki Fase 3 atau New Normal pada bulan Desember 2020 KOMPAS.com/ ERICSSEN Seorang warga pria Singapura yang memakai masker terlihat berjalan di depan toko roti DJ Bakery di Tanjong Pagar Plaza, Rabu siang (21/10/2020). Singapura dijadwalkan akan memasuki Fase 3 atau New Normal pada bulan Desember 2020

SINGAPURA, KOMPAS.comSingapura semakin dekat untuk meninggalkan fase 2 menuju tatanan hidup baru ( new normal) yang telah berjalan sejak 19 Juni lalu.

Stabilnya penyebaran virus Covid-19 di "Negeri Singa” mendorong pemerintah mengumunkan rencana memasuki fase 3 atau new normal pada akhir tahun ini, demikian Kementerian Kesehatan mengumumkan Selasa malam (20/10/2020).

Apa yang Diizinkan di New Normal?

New normal akan mengizinkan lebih banyak orang yang dapat berkumpul, yaitu sebanyak 8 orang dari total 5 orang saat ini.

Baca juga: Singapura Akan Mulai Vaksin Warga dari Covid-19 pada 2021

Angka yang sama juga akan diterapkan untuk kunjungan ke rumah sehingga lebih banyak anggota keluarga yang dapat berkumpul.

Tempat-tempat umum seperti museum dan rumah ibadah juga rencananya akan ditingkatkan kapasitas maksimumnya.

Yakni dengan memecah menjadi beberapa kelompok, masing-masing berjumlah 50 orang. Jumlah yang diizinkan sekarang adalah maksimum 100 orang.

Hal yang sama juga berlaku untuk acara pernikahan. Saat ini hanya maksimal 100 hadirin yang diizinkan di acara pernikahan.

Eunice Lee, seorang profesional menyampaikan kepada Kompas.com Rabu siang (21/10/2020) bahwa dia netral menyambut kabar ini. 

"Saya rasa ini berita baik bagi warga yang senang berkumpul-kumpul dengan teman. Ini juga menyegarkan bagi warga yang ingin menggelar acara perayaan kecil-kecilan." tutur profesional di bidang perekrutan tenaga kerja itu. 

Baca juga: Seorang Mahasiswa Rela Disuntik Vaksin Covid-19 Eksperimental dan Bayar Rp 902.555

Untuk persiapan transisi memasuki new normal, warga Singapura tetap harus waspada dan tetap patuh terhadap peraturan yang telah ditetapkan misalnya menjaga jarak atau safe distancing.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X